Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

Walikota Tangsel Dukung Pungut Zakat Dari Gaji PNS

KOTA TANGSEL,PenaMerdeka – Walikota (Tangsel) Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany mengaku mendukung pemungutan zakat yang diambil dari ASN atau Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dia menyebutkan, hal itu sudah dilakukan ASN di lingkungannya sebelum ramai wacana yang digulirkan Kementerian Agama.

“Kalau di Tangsel sebenarnya sudah, tetapi sukarela. Tidak diwajibkan sepenuhnya bagi ASN muslim saja,” jelasnya.

Ia memastikan, saat ini sumber penerimaan Zakat yang dikelola Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), kota Tangerang selatan paling besar disumbang oleh ASN pemkot Tangsel.

“Bisa ditanya ke Baznas Tangsel, penerimaan zakat paling besar diperoleh dari PNS Tangsel, justru belum maksimal dari swastanya,” pungkas Walikota Tangsel itu.

Menurut Ketua Baznas Kota Tangsel KH. Endang Syarifudin membenarkan hal tersebut, menurutnya, penerimaan Baznas paling besar disumbang dari ASN Pemkot Tangerang Selatan.

“Benar, ada juga zakat dari individu, zakat mal, fitrah perorangan jumlahnya besar, tapi orangnya sedikit. Tahun kemarin secara keseluruhan itu sekitar Rp1,5 milyar,” pungkasnya.

Endang menambahkan, jika uang yang diberikan pegawai ASN Pemkot Tangerang Selatan setiap bulannya itu bukan dalam bentuk zakat. Melainkan infak dan sedekah.

“Iya tetapi itu bukan zakat, itu infak dan sedekah. Kalau zakat harus 2,5 persen. Itu mereka hanya sesukanya saja,” tambah KH Endang Syarifuddin. (aputra)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan