Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Pemprov DKI Jakarta Siap Tata Kampung Kumuh Berkonsep Rusun Hybrid

0 147

JAKARTA,PenaMerdeka – Pemprov DKI Jakarta akan segera menata kampung kumuh dengan konsep rumah susun sewa (Rusunawa) hybrid yang mempunyai enam lantai. Konsep ini adalah bagian dari penataan kawasan yang ada di Ibu Kota.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menegaskan, upaya menata pemukiman kumuh di Jakarta, pihaknya sudah meluncurkan dua proyek utama. Pertama yaitu penggabungan akses air bersih dan sanitasi. Kedua ialah konsep penataan dengan rusun hybrid housing yang berlantai enam tanpa lift.

“Kami sudah mendata ada 16 kampung kumuh dan yang akan kami tata lima kampung dulu. Contohnya di RW 017 Penjaringan, Jakarta Utara,” tegasnya.

Menurutnya, konsep rusun hybrid juga disebut sebagai land consolidation. Kepemilikan rumah dan tanah digabungkan menjadi satu rusun berlantai lima atau enam. Setelah itu, rusun akan disuplai air bersih dan sanitasi.

Dengan konsep itu, warga tidak akan kehilangan pekerjaan dan ekonominya karena ditata di lokasi yang sama. Bukan seperti penataan yang dilakukan sebelumnya dengan memindahkan warga ke lokasi yang jauh dari tempat tinggal asalnya.

Untuk mewujudkan penataan itu, Sandi melanjutkan, perangkat daerah terkait harus berpikir sangat out of the box dan harus mampu mengolaborasikan unsur pemerintah, masyarakat dan swasta.

“Dalam penataan DKJ Jakarta kita akan memulai langkah terbaru dengan melibatkan masyarakat dan dunia usaha,” lanjutnya.

Selain itu, Sandi tak menutup kemungkinan penataan kampung kumuh yang disulap menjadi rusun hybird diberlakukan di wilayah bantaran kali yang akan terkena proyek normalisasi. Hal itu bahkan sudah dibicarakan dengan pemerintah pusat dalam hal ini Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (deden/yoyo)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...