Zulfikar Demokrat

Begini Respon Petani Banten Soal Pembentukan BUMD Agribisnis

0

BANTEN,PenaMerdeka – Soal pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Agribisnis yang digagas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten disambut antusias Kepala Desa dan petani di Kabupaten Lebak, Banten.

Setelah nanti terealisasi, diharapkan bisa sinergi dengan MTD (Mantri Tani Desa) dalam mensejahterakan petani.

Menurut Asja, Kepala Desa Cikareo, Kecamatan Cileles, mengapresiasi rencana Pemprov Banten untuk membuat BUMD Agrobisnis, sebab nantinya diharapkan bisa mendongkrak kesejahteraan petani di Desanya .

“Kalau sudah terwujud saya sangat bersyukur, karena dengan terbentuknya BUMD tersebut, tentunya dapat juga membantu petani di wilayah saya,” terang Asja kepada PenaMerdeka.com di ruang kerjanya, Rabu (14/2/2018).

Selain itu, dia juga berharap program yang akan di laksanakan BUMD bidang pertanian dapat mensosialisasikan program bimbingan kepada para petani. Sehingga pencanangan peningkatan taraf petani bisa tercapai.

“Saya berharap Pemprov dalam pembahasan pembentukan BUMD Agribisnis juga dapat mencantumkan kerjasama dengan MTD,” ujarnya.

Lebih dalam ia menjelaskan, saat ini program yang di gulirkan Pemkab Lebak berupa pemberian kartu subsidi petani, yang fungsinya untuk membantu para petani dalam pembelian pupuk.

“Bagi para petani yang memiliki kartu tersebut bisa mendapatkan potongan harga dari toko pupuk yang di tunjuk pemerintah untuk melayani keperluan petani yang memiliki kartu subsidi,” katanya.

Ia menambahkan, saat ini, mayoritas petani persawahan nengandalkan tadah hujan, maka dengan adanya rencana pembuatan BUMD Agribisnis bisa memberikan solusi termasuk dengan pejualan hasil tani.

“Contoh, apabila memasuki musim kemarau, pemerintah bisa memberikan solusi tepat, agar petani tidak lagi kesulitan untuk mengairi sawahnya,” ucapnya.

Secara infrastruktur serta akses distribusi mudah mudahan mendapat perhatian juga dari Pemrov. Pasalnya tandas Asja, jalan yang bagus merupakan hal penting untuk pendistribusian hasil tani. (yuyu)

kanal partai gerindra
Baca Berita Lainnya
Puji Rahman Hakim Perindo

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

nec dictum consectetur ut Praesent eleifend non risus Lorem suscipit sit leo.