Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

Bunda, Perhatikan Saat Mengkuncir Rambut Pada si Kecil

JAKARTA,PenaMerdeka – Mengkuncir rambut atau mengikatnya kepada buah hati, Anda ternyata harus diperhatikan dengan serius. Apalagi, mengikatnya dengan menggunakan karet. Ternyata hal ini mempunyai dampak yang buruk pada kesehatan si kecil. 

dr Meta Hanindita Sp.A menjelaskan jika mengikat kepada anak terlalu ketat akan membuatnya mudah pusing. Kemudian dapat merusak sistem saraf otak yang berkepanjangan. Utamanya, menggunakan pengikat rambut berbahan karet.

“Untuk anak perempuan, jangan mengkuncir rambut terlalu ketat. Hindari pengikat rambut berbahan karet karena bisa membuat anak tambah pusing,” jelasnya di Jakarta.

Untuk itu, dia menyarankan agar rambut pada anak lebih baik di gerai saja sehingga membuatnya lebih sehat dibandingkan mengikat. Sementara, rambut membutuhkan cukup kelembaban dan nutrisi saat beraktivitas sehari-hari.

Selain itu, Anda disarankan agar tidak terlalu sering melakukan keramas. Biasanya orang tua akan mengkeramasi anaknya setiap hari sekali. Pasalnya, hal tersebut akan mengurangi kelembaban pada kulit si anak, utamanya pada bayi.

“Kelenjar keringat ada di kulit kepala batita masih belum semputan benar, sebenarnya batita tidak perlu terlalu sering keramas ataupun mengkuncir rambut, kecuali agar mereka yang sangat aktif dan sering berkeringat. Cukup dua hari sekali untuk keramas. Pastikan semua sisa shampo dibersihkan dengan sempurna dan bersih,” tambahnya. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.