Nikmati Santap Siang Sederhana Nasi Kebuli

0 108

JAKARTA,PenaMerdeka – Nasi memang merupakan makanan pokok orang Indonesia. Untuk memberi sensasi berbeda, khususnya saat sarapan, Anda dapat membuat menu nasi kebuli. 

Tidak hanya lezat, porsinya yang besar dan dilengkapi juga dengan berbagai isian, membuat makanan ini sangat cocok disantap bersama keluarga tercinta Anda.

Menu khas Timur Tengah ini biasa dinikmati juga bersama saus yogurt. Biasanya nasi kebuli dimasak dengan isian daging kambing ataupun disajikan dengan daging yang menempel pada tulang atau potongan ayam goreng.

Nah ingin tahu resepnya?, berikut resep membuat menu khas Timur Tengah ini untuk santap siang bersama keluarga Anda yang sudah di rangkum oleh PenaMerdeka.com ;

Bahan – bahan:

2 liter beras basmati
30 ml minyak untuk menumis
5 butir cengkeh
15 butir kapulaga hijau
1 butir biji pala, geprek
2 ruas jahe, geprek
1 buah bawang bombai, parut
1 liter santan
100 gram kismis
2 sdt garam
1 sdt merica putih
Saus yogurt

Bumbu halus:

9 siung bawang merah
5 siung bawang putih
75 ml air

Tumisan daging:

300 gr daging kambing, potong sesuai selera
3 sdm minyak samin

Cara membuat:

Pertama-tama seperti biasa Anda cuci beras dan rendam beras dengan air selama 10 menit. Tiriskan, haluskan bawang putih dan bawang merah dengan sedikit air saja.

Setelah itu panaskan minyak, masukkan cengkeh, kapulaga hijau, biji pala dan jahe. Tumis sampai harum. Tambahkan bumbu halus dan bawang bombai yang sudah parut, masak hingga bumbu matang ataupun berwarna agak gelap.

Masukkan beras basmati dan aduk rata dengan bumbu. Masukkan ke dalam rice cooker. Panaskan minyak samin terlebih dahulalu tumis daging kambing yang sudah di potong-potong sampai matang. Masukkan ke dalam tumisan beras kedalam rice cooker.

Sehabis itu tambahkan santan, garam dan merica. Lalu aduk rata lalu masak sesuai petunjuk pada rice cooker. Setelah nasi sudah matang Anda tambahkan kismis. Setelah itu aduk rata lalu sajikan nasi kebuli dengan saus yogurt dan siap disantap di siang hari. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...