HGN ads Bekasi

Di Pleno DPHP, KPU Kota Tangerang Apresiasi Tim PPDP

0 176

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Menjelang pelaksanaan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang menggelar rapat pleno terbuka Rekapitulasi DPHP (Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran) dan Daftar Pemilih Sementara (DPS).

Rapat yang berlangsung di Narita Hotel, Cipondoh, Kota Tangerang pada Jumat (17/3/2018) dihadiri unsur PPK dan PPS se-Kota Tangerang, Panwaslu Kota Tangerang, Partai Politik (Parpol) serta Muspida.

Ketua KPU Kota Tangerang, Sanusi menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja tim terutama Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang tersebar diseluruh wilayah Kota Tangerang untuk melakukan Pencoklitan selama satu bulan.

“Kita semua mengetahui bagaimana teman-teman dilapangan kurang istirahat dan kurang tidur. Kita juga tahu bagaimana teman-teman PPDP bekerja tanpa mengenal lelah. Ini patut diapresiasi,” kata Sanusi, Jumat (17/3/2018).

Dirinya juga menyampaikan terkait penetapan DPHP menjadi DPS yang akan diumumkan pada 24 Maret 2018 secara serentak di setiap kelurahan.

Kemudian bersamaan dengan pengumuman, pihaknya juga akan melakukan uji publik agar masyarakat dapat mencermati DPS yang diumumkan.

“Kita akan tempelkan di setiap kelurahan-kelurahan agar masyarakat bisa melihat dirinya sudah terdaftar apa belum di daftar pemilih sementara. Apabila masyarakat belum terdaftar, maka kita akan melakukan pemutakhiran ulang untuk didata kembali dan data tersebut akan menjadi Daftar Pemilih Tetap,” jelasnya.

Kemudian acara inti dipaparkan Komisioner KPU Kota Tangerang Divisi Program dan Data, Ahmad Syailendra. Penetapan DPS, kata pria yang akrab disapa Indra, yakni sebanyak 1.037.369 orang, dengan rincian 519.069 laki-laki dan 518.300 perempuan.

“Kita juga mendata daftar pemilih potensial non KTP elektronik (E -KTP) sebanyak 9.157, data tersebut akan kita sampaikan kepada Disdukcapil,” ungkap Indra

Dia melanjutkan, jika ada warga yang belum masuk dalam data kependudukan, nanti yang bersangkutan akan kita konfirmasi untuk melakukan perekaman E-KTP.

Dan jika sudah melakukan perekaman, yang bersangkutan bisa kita masukkan kedalam daftar pemilih tetap (DPT). Kalau dia gak ada dalam DPS dan data kependudukan berkemungkinan kita coret

Ditambahkannya, pada 24 Maret mendatang KPU Kota Tangerang akan mengumumkan serentak di setiap kelurahan. Saat pengumuman tersebut juga akan dilakukan uji publik agar masyarakat mencermati DPS yang diumumkan.

“Nanti kalau ada masyarakat yang belum dimasukkan, bisa dimasukkan (kedalam DPS). Kemudian kalau ada data yang seharusnya TMS (tidak memenuhi syarat,-red) langsung kita coret,” tegasnya.

Sedangkan untuk penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), lanjut dia, KPU Kota Tangerang mengumumkannya pada pertengahan April. Dirinya berharap masyarakat ikut aktif dalam kegiatan Pilkada Kota Tangerang 2018. (aputra)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE