Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Bingung Menu Makan Malam? Yuk Intip Resep Dendeng Batokok

0 195

JAKARTA,PenMerdeka – Dalam bahasa Minang, batokok berarti dipukul. Proses pemukulan ini bertujuan agar membuka serat pada daging sehingga mempercepat proses penyerapan bumbu pada saat memarinasi.

Setelah dipukul, dendeng batokok akan di panggang dan dibalur dengan tumbukan cabai kasar. Rasanya yang gurih dan pedas yang akan terasa nikmat disantap saat makan malam bersama nasi hangat.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Berikut resep membuat Dendeng Batokok yang sudah di rangkum oleh PenaMerdeka.com untuk Anda;

Bahan – bahan:

300 gram daging sapi
600 ml air kelapa
1/2 sdm ketumbar
3 siung bawang putih
1 ruas jahe
7 buah cabai hijau besar
3 buah tomat hijau
5 siung bawang merah
100 ml air rebusan daging
Jeruk nipis secukupnya
Minyak kelapa
Garam secukupnya untuk perasa

Proses Pembuatan:

Pertama-tama Anda lumuri daging dengan ketumbar, jahe, bawang putih dan 1 sendok teh garam dan diamkan selama 15 menit.

Rebus air kelapa di dalam panci sampai mendidih. Masukkan daging yang sudah dilumuri dengan bumbu. Masak hingga daging bertekstur empuk kurang lebih selama 45 menit. Biarkan air sampai menyusut.

Sambil menunggu daging matang, tumbuk cabai hijau, bawang merah dan garam. Lalu tambahkan perasan jeruk nipis dan sisihkan. Angkat daging yang sudah matang, kemudian sisihkan rebusan air sebanyak 100 ml yang akan digunakan sebagai saus dendeng.

Iris-iris daging itu dengan ketebalan kurang lebih 1 cm. Gunakan cobek dan ulekan setelah itu pukul daging sampai tipis dan melebar. Panggang selama 20 menit, jangan lupa balik daging setiap 10 menit sekali.

Panaskan wajan lalu beri minyak kelapa dan tumis bumbu yang ditumbuk kasar. Masak sampai harum dan layu, beri air sisa rebusan daging dan didihkan. Beri garam secukupnya saja, masak sebentar dan setelah itu angkat. Siram saus di atas daging dendeng. Selamat menikmati dendeng batokok!

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...