Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Sate Gurita Menu Pilihan Bersama Keluarga di Akhir Pekan

0 124

JAKARTA,PenaMerdeka – Sajian sate dengan bumbu kacang menjadi pilihan tepat menu makan malam. Tetapi, jika bosan dengan menu yang itu-itu saja dan ingin merasakan kelezatan di siang harinya, saat ini waktunya berkreasi dengan membuat sate gurita

Sama pada umumnya, membuat menu ini tidak sesulit yang Anda dibayangkan. Melansir dari Tastemade, berikut resep membuat menu ini untuk makan siang Anda bersama keluarga.

Bahan utama sate gurita:

300 g daging gurita
Garam
2 sdt air jeruk
Margarin

Bahan ungkep:

7 Siung bawang merah
6 siung bawang putih
2 cruas lengkuas
1 ruas jahe
5 buah kemiri
1 sdt ketumbar bubuk
1 sdt kunyit bubuk
2 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
1 sdt asam jawa
Serai

Bahan bumbu kacang:

3 sdm kecap manis
¼ gula merah
Kacang sangrai
2 buah cabai merah kering
Santan segar

Proses pembuatan:

Pertama-tama marinasi hewan laut ini yang diberi garam dan air jeruk. Rebus selama 15 menit lalu angkat. Haluskan bumbu ungkep, bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe dan kemiri.

Masukkan, bumbu halus daun salam, daun jeruk, batang serai dan bubuk ketumbar, bubuk kunyit, air asam jawa dan air dan tambahkan garam, lada, gula. Panaskan air, setelah itu tambahkan bumbu ungkep, bubuk ketumbar dan juga bubuk kunyit.

Setelah bumbu mulai tercium wangi, masukkan potongan daging. Setalah air dalam panci agak menyusut, tambahkan serai, daun jeruk, daun salam dan asam jawa. Tunggu sampai air ungkepan menyusut.

Angkat potongan dan tusuk dengan menggunakan tusuk. Panggang di atas panggangan yang sudah diolesi margarin. Panggang hingga berubah warna kecoklatan. Haluskan kacang sangrai, gula merah, cabai merah kering dan beri sedikit saja air.

Terakhir, Anda masak bumbu kacang, santan, dan air. Setelah mendidih angkat dan tuangkan diatas. Sate gurita siap disantap bersama keluarga di akhir pekan ini. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...