Karyawan Tak Dapat THR Adukan ke Disnaker, Perusahaan Nakal Bakal Disangsi

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Tangerang akan memberlakukan sangsi jika perusahaan tidak memberikan hak Tunjangan Hari Raya (THR) kepada karyawannya.

Karenanya, pihak perusahaan yang berada di Kota Tangerang harus sudah bisa memastikan jika pada Idul Fitri 1437 karyawannya harus dapat THR.

Apalagi menurut Abdusurahman, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Tangerang, ketika di konfirmasi Pena Merdeka via telpon pada Senin (21/6) mengaku mempunyai pos pengaduan jika karyawan tidak mendapatkan hak THR nya. Dan selama ini menurutnya memang pihaknya sudah memberlakukan sistem seperti itu.

Begitu perusahaan terlambat memberikan THR, mereka (Buruh-red) bisa segera melaporkan kepada kami.

“Kalau THR mah bagaimanapun juga kan memang ditunggu-tungu oleh karyawan, untuk itu kami juga menyediakan posko pengaduan untuk menerima laporan dari karyawan yang tidak mendapatkan THR,” terangnya.

Abdurahman juga berharap agar perusahaan-perusahaan yang berada di Kota Tangerang untuk mematuhi Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) supaya memberikan THR nya sebelum lebaran.

“Ya H-7 sebelum menjelang Idul Fitri tiba, sehingga buruh bisa menjalani Ramadhan dan lebaran ini dengan senang,” harapnya.

Selanjutnya Abduhsurahman menegaskan, mengenai sanksi yang akan diberikan terhadap perusahaan-perusahaan yang tidak mematuhi Permenaker akan disangsi secara administratif berupa teguran tertulis, pembatasan kegiatan usaha, penghentian sementara seluruh alat produksi dan pembekuan kegiatan usaha.

“Akan ada sanksi bagi perusahaan yang tidak memberikan THR kepada karyawannya,” tegasnya.

memberikan surat edaran himbauan kepada seluruh perusahaan di Kota Tangerang untuk memberikan Tunjangan Hari Raya (THR-red) kepada karyawan dan buruh perusahaan swasta yang berada di Kota Tangerang.

“Jadi bagi karyawan yang sudah bekerja selama satu bulan itu berhak untuk mendapatkan THR secara porposional, tentunya yang sudah bekerja selama satu tahun lebih normatifnya mendapatkan satu bulan upah,” ungkap Sri Prapti Kabid Hubungan Industrial Dinas Tenaga kerja (Disnaker) Kota Tangerang, Senin (20/6).

Lebih lanjut Sri mengatakan, untuk perusahaan yang terdaftar di Dinas Tenaga Kerja Kota Tangerang sebanyak 2.900 perusahaan.

Menurutnya, terkait masalah THR untuk karyawan swasta itu diatur dalam Permenaker 06 tahun 2016. “Sesuai peraturan Mentri ketenagakerjaan (Permenaker) nomor 06 tahung 2016 tentang tunjangan hari raya (THR) keagamaan bagi pekerja atau buruh di perusahaan bahwasanya, tunjangan hari raya tersebut diberikan kepada pekerja atau buruh yang telah mempunyai masa kerja satu bulan secara terus menerus,” jelasnya. (herman)

Disarankan
Click To Comments