Oman, Terdakwa Kasus Bom Thamrin Dituntut Hukuman Mati

JAKARTA,PenaMerdeka – Sidang lanjutan kasus bom Thamrin di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menuntut mati Oman Rochman. Jaksa Penuntut Umum (JPU) menyebut bahwa terdakwa terbukti dan secara sah melakukan kejahatan teroris.

“Aman terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah dan dituntut hukuman mati,” kata JPU Anita Dewayani saat membacakan tuntutannya di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (18/5/2018).

Dalam kesempatan agenda sidang itu seperti diketahui terdakwa kasus bom Thamrin Aman disangkakan Pasal 14 juncto Pasal 7 subsider Pasal 15 juncto pasal 7 UU Nomor 15/2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme dengan ancaman pidana penjara seumur hidup.

Pasalnya, Aman pernah ditangkap di Tangerang pada 2010 karena terlibat pelatihan militer di Aceh. Bahkan jauh sebelumnya, Aman juga ditangkap pada tahun 2003 terkait kepemilikan bom Cimanggis dan dibebaskan pada 2008. Artinya sempat dikabarkan Aman Abdurahman melakukan aksi teror bukan untuk pertama kali.

Pelaku bom Thamrin itu juga diberitakan berafiliasi kepada Abu Bakar Al-Baghdadi, pemimpin kelompok Islamic State in Irak and Syria (ISIS). Aman sendiri merupakan petinggi dari kelompok Jamaah Ansharud Daulah (JAD). (PujiRH/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah