Terapan Aturan PPDB Kota Tangsel, Taryono: Tak Pilih Kasih Meski Anak Pejabat

KOTA TANGSEL,PenaMerdeka – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Tangsel menyebut tak ada prioritas saat berlangsungnya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Regulasi atau aturan PPDB 2018 harus diikuti.

Menurut Kepala Dindikbud Kota Tangsel, Taryono usai melakukan sosialisasi PPDB SD, SMP Negeri dan Swasta secara online di Gedung Dewan Riset Nasional Puspitek, Kecamatan Setu, Kota Tangsel menegaskan harus berdasarkan ketentuan.

Artinya kata Taryono, pihaknya bakal mengikuti aturan PPDB sehingga tidak amenspesialisasi calon peserta meskipun peserta anak pejabat atau anggota Dewan.

“Proses penerimaan tahun ini harus bisa lebih baik, sebab kita telah mengevaluasi dari penerimaan yang sebelumnya dan juga meminta masukan-masukan kepala sekolah, juga anggota Komisi II DPRD Kota Tangsel,” terang Taryono, Kamis (24/5/2018).

Sosialisasi PPDB tahun ajaran 2018 ini merupakan rapat lanjutan pembahasan tentang aturan PPDB. Dan dalam agenda ini juga mensosialisasikan Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018, yakni tentang penyelengaraannya.

“Salah satunya, untuk masyarakat yang anaknya akan masuk SD boleh berumur enam tahun, dalam peroses PPDB tahun ini, kita melibatkan Kominfo, Disdukcapil dan juga Inspektorat setempat supaya membantu proses berjalannya PPDB yang sukses,” jelasnya.

Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat yang akan menyekolahkan anaknya, agar segera berkoordinasi dengan Disdukcapil, guna mengetahui NIK dari anak tersebut, terdaftar atau tidak.

“Sudah ada beberapa kasus, saat ingin mendaftar ternyata NIK anaknya tidak terdaftar di Disdukcapil, maka itu harus diurus terlebih dahulu, aturan PPDB seperti itu agar NIK anak bisa sesuai dengan NIS,” ungkapnya.

Lebih dalam ia mengatakan, untuk menciptakan PPDB akuntabel, berkeadilan dan tidak diskriminasi, juga tidak ada calon atau sisiwa priotitas seperti yang diterangkan di atas.

“Walaupun itu anak dari seorang Kepala Dinas atau Dewan sekalipun, kami lebih mengedepankan aturan PPDB tentang sistem zonasi, prestasi serta nilai siswa,” tandasnya. (yuyu/daniel)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah