Ini Tips Mudik Aman dan Nyaman Menggunakan Transportasi Umum

JAKARTA,PenaMerdeka – Salah satu momen yang ditunggu di bulan Ramadan ini ialah mudik ke kampung halaman saat Lebaran. Pasalnya, hal ini menjadi momen untuk bertemu dengan keluarga yang tinggal berjauhan ataupun bersilaturahmi dengan sesama umat muslim.

Ada alternatif untuk melakukannya, yaitu dengan kendaraan pribadi atau mengenakan moda transportasi umum. Tidak bisa dipungkiri, memakai angkutan massa ternyata masih menjadi pilihan banyak orang untuk mudik. Hal ini menghindari risiko kelelahan berkendara sepanjang perjalanan mudik.

Banyaknya peminat transportasi umum menjadi tantangan tersendiri, khususnya saat mencari tiketnya. Kendati demikian, Anda perlu memperhatikan tips berikut ini supaya perjalanan mudik menjadi lebih aman dan nyaman.

1.Selalu Waspada

Langkah baik untuk mudik dengan ini adalah selalu waspada dan tetap menjaga diri tentunya. Hindari tempat sepi di saat menunggu sendirian, hal ini untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak terduga.

Perhatikan! ditempat seperti ini Anda harus tetap waspada terhadap keluarga ataupun barang bawaan Anda. Hal ini demi menghindari pencurian atau tindak kejahatan yang mungkin bisa terjadi.

2. Hati-hati dengan orang yang baru dikenal

Selain waspada, sebaiknya Anda juga berhati-hati dengan orang yang baru dikenal. Hindarilah bertukar informasi yang sifatnya personal supaya tidak membahayakan Anda dan keluarga juga.

3. Mencari Alternatif Transportasi

Jika ternyata kehabisan tiket untuk ke kampung halaman, maka cobalah mencari alternatif lainnya. Anda dapat mengenakan alternatif flight transit ke kota terdekat tujuan utama dan kemudian melanjutkan perjalanan dengan pesawat lainnya ke kampung halaman Anda.

4. Gunakan pakaian yang nyaman

Hal penting lainnya saat mudik dengan cara ini adalah mengenakan pakaian yang nyaman dipakai. Pilihlah pakaian yang umumnya terbuat dari katun, sehingga bisa ebih cepat menyerap keringat dan membuat Anda tetap nyaman saat berada saat cuaca panas.

Saat di transportasi umum, Anda siapkan jaket ataupun sweater untuk mengatasi suhu dingin akibat AC pesawat, kereta api, maupun bus. Kendati demikian, Anda dapat memilih baju hangat yang tidak terlalu besar agar dengan mudah dimasukkan kembali ke tas saat tidak dibutuhkan. (hisyam/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah