Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Simulasi Video Visual Bekal Cara Perhitungan Suara Pilkada Kota Tangerang

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Secara umum KPU Kota Tangerang sedang memberikan teknis persiapan terkait pemungutan surat dan perhitungan suara Pilkada. Tata cara melalui simulasi video visual, nantinya petugas PPS diminta bisa maksimal menghitung surat suara pasca pencoblosan.

Pantauan penamerdeka.com mendekati masa Pilkada, PPK Kecamatan Ciledug memberikan bimbingan teknis (Bimtek) soal tata cara pemungutan dan penghitungan suara kepada petugas PPS Kelurahan Peninggilan.

Proses Bimtek pemungutan dan perhitungan suara Pilkada yang digelar di Aula Kelurahan Paninggilan, PPK Ciledug mengikutsertakan sebanyak 203 anggota dari 29 TPS Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kelurahan Paninggilan.

Syamsul Rizal, Ketua PPK Ciledug mengatakan, Bimtek pemungutan dan penghitungan surat suara kali ini, banyak memakai simulasi video visual.

“Selain menonton tayangan video, kami juga menjelaskan penghitungan suara melalui formulir model C atau berita acara secara langsung, juga cara memasukan formulir kedalam 10 sampul agar tidak keliru saat memasukan formulirnya,” terang Rizal, Sabtu (2/5/2018).

Rizal melanjutkan, secara teknis bimbingan yang diberikan oleh PPK Ciledug tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun yang lalu, meski ada perbedaan hanya pemilih ketika datang ke TPS harus membawa e-KTP dan mengisi absen sendiri.

“Mungkin karena ini kegiatan tahunan, mereka jadi sedikit lupa, tapi bagi yang sudah pernah menjadi anggota proses perhitungan suara di pemilu-pemilu masih lancar. Tapi bimbingannya tetap diberikan untuk yang baru dan yang lama,” jelasnya.

60 persen anggota yang mengikuti Bimtek PPK Ciledug merupakan anggota baru, sedangkan untuk 40 persen adalah anggota yang pernah menjadi petugas PPS.

“Yang menjadi kekhawatiran kita Cuma sampul yang harus dimasukan kedalam kotak, kita cuma takut dimasukan semua, itu kan nanti bisa repot,” ungkapnya.

Sementara Sumadi, petugas PPS TPS 4 Kelurahan Peninggilan mengatakan, Bimtek yang diberikan oleh PPK Ciledug cukup jelas dan mudah dimengerti.

“Ini sangat membantu proses pemungutan dan perhitungan suara bagi kami yang bekerja di lapangan, tata cara ditayangan video juga cukup jelas dan mudah dipahami, semoga berjalan dengan baik,” terang Sumardi yang sudah empat kali menjadi petugas PPS. (redaksi/tim)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...