Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Ini Penjelasan WH Soal Obsesi Ibukota dan Istana Negara Berada di Banten

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Istana Negara yang terletak di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat diberitakan kerap mengalami banjir ketika musim penghujan. Menurut Wahidin Halim, Calon Gubernur Banten nomor urut 1 karena ada sejumlah penyalahgunaan konsep pembangunan.

Kata mantan Wakil Ketua Komisi II DPR-RI menegaskankan, berbarengan dengan issu yang pernah muncul untuk memindahkan Ibukota Indonesia ke daerah Kalimantan ia melontarkan ide supaya Istana pun sejatinya bisa dipindahkan ke Banten.

“Tidak perlu memindahkan Ibukota ke pulau Kalimantan, kita bangun dengan konsep perkotaan maka selain ibukota Indonesia dan Istana Negara juga akan bisa berada di Banten,” ucapnya.

Ide memindahkan Ibukota Indonesia dan Istana di Banten bukan yang mustahil dan tanpa alasan. Karena akan sesuai dengan semangat NKRI, Jakarta sudah terlampau padat pembangunan harus merata. Apalagi eksisting DKI sudah tidak relevan lagi lantaran semua kegiatan menumpuk di Jakarta.

“Istana Negara kalau musim hujan bahkan kerap banjir. Rasanya sebagai ibukota dan Istana jika masih berada di Jakarta bisa maka akan selalu mendapat persoalan sama, maka dipindahkan ke wilayah Banten. Dan Banten berdekatan Jakarta,” kata Wahidin Halim (WH), Senin (1/17).

Di sejumlah Negara kata WH yang dalam Pilgub Banten berpasangan dengan Andika Hazrumy mengatakan, tempat atau kawasan pemerintahan dengan pusat perdagangan dan jasa tidak boleh satu wilayah, harus terpisah. Contohnya di Australia, Canbera yang menjadi Ibukota beda tidak dibangun dengan satu tempat. Antara kawasan perdagangan, jasa dan lainnya tidak disatukan dengan pusat ibukota Negara.

Konsep pembangunan jaman penjajahan Belanda juga harus bisa kita pelajari. Jika merunut sejarah bahwa adanya Istana Negara dan akhirnya wilayah DKI Jakarta sebagai ibukota Negara tentu ada nilai historisnya. Jika mengacu aspek histori, Banten tidak kalah dengan sejarah.

“Wilayah Kebayoran, Menteng dan yang lainnya merupakan peninggalan Belanda. Adanya bangunan Istana Negara di Jakarta Pusat merupakan karena kental dengan sejarah,” ucapnya.

Tetapi dalam perjalanannya konsep pembangunan jaman Belanda ada yang dilanggar sehingga kondisi banjir dan kemacetan sudah identik dengan ibukota Jakarta. “Tidak pantas kalau Istana Negara saja terkena banjir kan,” katanya.

“Nah konsep yang akan dibangun di Banten adalah selain memakai prinsip pembangunan kekotaan tetapi memprioritaskan sisi kemanusiaan,” ucap Cagub nomor urut 1 ini menjelaskan. (wahyudi)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...