Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Lap Dapur Tempat Berkembang Biak Bakteri Berbahaya?

0 282

JAKARTA,PenaMerdeka – Penelitian terbaru yang dilakukan tim dari Universitas Mauritius yang menunjukkan bahwa lap dapur bisa menjadi tempat tumbuhnya bakteri yang secara alami hidup di usus manusia.

Bakteri ini dapat menyebabkan keracunan makanan dan berbagai penyakit lainnya yang ditularkan melalui makanan.

Selama sebulan, peneliti mengkultur 100 lap dapur yang telah digunakan berulang kali tanpa dicuci. Hasilnya, dari 49 sampel yang positif mengandung bakteri usus setara 36,7% mengandung bakteri coliform, 36,7% bakteri enterocoocus dan 14,3% bakteri s.aureus.

“Dalam penelitian ini kami mencari faktor alat ini dalam kontaminasi silang di dapur dan faktor lain yang berpengaruh pada profil mikroba dan jumlahnya di kain lap dapur,” ungkap peneliti Susheela D.Biranjia-Hurdoyal Ph.D.

Mengutip dari Healthline, penelitian ini juga menemukan fakta lain bahwa tipe dan jumlah bakteri berbeda. Hal ini tergantung besar kecilnya keluarga, kehadiran anak, status sosioekonomi, pola makan dan juga jenis yang dikenakan.

Seperti s.aureus yang biasanya terdapat di kulit, hidung dan juga tenggorokan banyak ditemukan alat ini di keluarga yang mempunyai anak dan status ekonomi rendah.

Sedangkan bakteri e.coli biasanya terdapat pada keluarga yang gemar konsumsi daging. Umumnya, bakteri e.coli ini ditemukan pada feses manusia.

Sementara yang biasa digunakan untuk mengeringkan tangan hingga mengelap permukaan ditemukan lebih banyak bakteri. Alat lembab ini dan basah juga menjadi tempat favorit kuman dibanding alat yang kering.

Bakteri e.coli dan s.aureus dapat dihubungkan dengan keracunan makanan yang menyebabkan penderitanya muntah, mual, diare, sakit perut sampai demam.

“Proses pengolahan makanan yang tak higienis dan sanitasi membuat bakteri-bakteri itu berakhir dan memicu penyakit,” ucap spesialis penyakit infeksi Dr.Bruce Ruben.

Untuk mencegah berkembang biaknya bakteri dan penyakit ini, Pakar mikrobiologi Charles Gerba Ph.D menyarankan agar sering mencuci lap dapur. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...