Redakan Penyakit Asma dengan Berenang

JAKARTA,PenaMerdeka – Menderita penyakit asma bukanlah halangan seseorang untuk berolahraga. Meski berolahraga terkadang menjadi salah satu penyebab hal ini sering kambuh.

Namun, persiapan yang matang dan pemilihan olahraga yang tepat dapat membantu menghindari masalah ini.

Dari beragam jenis olahraga, berenang merupakan olahraga yang tepat untuk penyakit asma. Mengutip dari Live Strong, jenis olahraga ini sangat dianjurkan untuk memperkuat otot pernapasan, mengurangi intensitas kekambuhan, meningkatkan kesehatan jantung dan kebugaran tubuh.

Hal ini pun terbukti melalui banyak penelitian, dimana berenang secara rutin memperbaiki fungsi paru dan udara yang dihirup saat renang bakal mengurangi keringnya saluran pernapasan penyebab kambuh.

Meski memberikan banyak manfaat untuk ini, namun perhatikan lokasi kolam renang. Penderita ini dianjurkan berenang di kolam renang indoor atau dalam ruangan.

Penelitian Scientific World Journal mengungkapkan, berenang di kolam renang indoor selama enam bulan mengalami perbaikan fungsi paru-paru dibandingkan mereka yang tak berenang.

Kolam renang terbuka dinilai bisa meningkatkan potensi alergen lebih tinggi lantaran udara, sehingga asma mudah kambuh.

Sementara, penelitian Cochrane Database of Systematic Reviews menunjukkan bahwa olaraga berbasis air tak membahayakan kesehatan penyakit asma secara menyeluruh. (hisyam/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jazuli Abdilah ICMI Kota Tangerang
Disarankan