Untuk Jamaah Haji, Ini Tips Peregangan di Pesawat Agar Tetap Prima

JAKARTA,PenaMerdeka – Untuk menjalankan ibadah haji, tentu membutuhkan perjalanan ke Tanah Suci Arab Saudi sekitar 8-9 jam dari Indonesia mengenakan pesawat. Hal ini seharusnya dibutuhkan stamina yang prima untuk jamaah haji.

Kementerian Kesehatan mengimbau untuk melakukan peregangan di dalam pesawat supaya tetap sehat dan bugar selama menuju perjalanan ke Tanah Suci.

Kepala Pusat Kesehatan Haji Eka Jusuf Singka berharap agar kegiatan ini dapat dipimpin oleh Tenaga Kesehatan Haji Indonesia Kelompok Terbang (TKHI Kloter) kepada jamaah haji.

“Senam dipimpin TKHI Kloter. Bisa juga perorangan. Sebelum memulai, posisikan badan duduk bersandar kursi, usahakan punggung tegak. Tahan, sampai hitungan ke delapan ataupun sekitar 10 detik. Setelah sempurna, lanjutkan gerakan berikutnya masing-masing 8 hitungan,” papar Eka.

Berikut gerakan senam peregangan yang bisa dilakukan para jamaah haji selama di dalam pesawat menuju perjalanan ke Tanah Suci:

1. Pinggang

Pertama Anda putar badan ke arah samping kanan dan juga kedua tangan memegang sandaran tangan. Lakukan gerakan kebalikan berulang.

2. Bahu

Kaitkan kedua tangan setalah itu dorong ke arah depan. Lanjutkan gerakan seperti ini ke atas. Lanjutkan gerakan ke samping kanan dan juga gerakan ke samping kiri.

3. Kepala

Tundukkan kepala ke arah bawah sambil di tekan dengan kedua tangan. Tolehkah kepala ke arah kanan, sentuhlah tangan kiri di pipi kiri, lalu tekan dorong menuju ke samping kanan.

Lakukan gerakan ini kebalikan. Rebahkan kepala ke kanan, sentuh tangan kanan pada kepala bagian kiri, tekan ke arah kanan. Lakukan gerakan kebalikan kepada jamaah haji. (hisyam/dbs)

Disarankan
Click To Comments