Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Disambangi Tim Monitoring, Kelurahan Pondok Pucung Bakal Bangun Kampung Toga

0 314

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Pasca dikunjungi tim monitoring PHBS, Kelurahan Pondok Pucung, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang berencana akan membangun Kampung Toga (tanaman obat keluarga) di wilayahnya.

Dipimpin ketua pengerak PKK Kota Tangerang, Aini Suci Wismanyah, Kelurahan Pondok Pucung disarankan agar warganya melakukan kegiatan budidaya tanaman jahe, kunyit dan lain-lain.

Hendriyanto, Lurah Pondok Pucung mengatakan, rencana bakal membangun Kampung Toga, lantaran saat wilayahnya disambangi tim monitoring PHBS tingkat Kota Tangerang pada Rabu (25/7/2018) kemarin.

“Ibu Walikota Tangerang menyarankan kita untuk melakukan budidaya tanaman jahe, maka saya berpikir kenapa tidak membuat Toga. selain biayanya murah untuk merawatnya juga mudah dan hasilnya dapat bermanfaat untuk banyak orang,” terang Hendri, Kamis (26/7/2018).

Namun, jelas Hendri, dalam pembangunanya nanti, dibutuhkan kesepatan dari RT RW dan warga Kelurahan Pondok Pucung. Sebab keputusannya ada pada warga.

“Keputusannya ada pada RT RW dan warga, mungkin dalam waktu dekat kita akan menggelar musyawarah dengan mereka,” ungkapnya.

Hendri menyatakan, penanaman Toga ini memiliki manfaat cukup besar untuk kesehatan masyarakat.

“Ini mengurangi ketergantungan dengan obat kimia yang tidak diresepkan dengan benar. Masyarakat juga bisa mengurangi pengeluaran sebenarnya dengan tidak membeli obat-obatan yang mahal, tapi menggunakan obat tradisional ini,” tegasnya.

Ia menambahkan, kampung toga yang rencananya akan dibangun nanti bukan hanya untuk hiasan, akan tetapi untuk kebutuhan kesehatan warga secara tradisional.

“Misalnya ada jahe merah bisa dibuat minuman hangat, ada tanaman mahkota dewa, ada lidah buaya, tanaman jinten, masih banyak lain-lain yang bisa dijadikan jamu tradisonal,” tandasnya. (aputra)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...