Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Ini Fakta Menarik Gerhana Bulan Total Bulan Juli 2018

0 389

JAKARTA,PenaMerdeka – Peristiwa yang dinanti-nantikan masyarakat diberbagai belahan dunia yaitu, gerhana bulan total bakal berlangsung pada 27-28 Juli 2018. Sebab, cahayanya akan menghilang total hampir dua jam berlangsung.

Ini merupakan peristiwa yang sangat lama di abad ini dengan durasi gelap total satu jam 43 menit.

Gerhana bulan total 27-28 Juli 2018 ini terjyata menyimpan fakta-fakta menarik yang harus kita ketahui loh! Penasaran? Berikut faktanya yang sudah disiapkan oleh PenaMerdeka.com untuk Anda;

1. Kedua dalam tahun ini

Peristiwa ini nanti bakal menjadi gerhana kedua yang terjadi pada tahun ini. Yang pertama terjadi saat 31 Januari 2018 lalu, yaitu Super Blue Blood Eclips. Kejadian pada nanti malam merupakan yang 17 sejak 2001 ataupun awal abad 21. Selama saat abad ini bakal terjadi 85.

2. Micromoon

Pada 05:43 UTC saan 27 Juli 2018 ini, Purnama bakal mencapai puncaknya, titik di orbitnya yang paling jauh dari jarak Bumi. Hal ini juga dikenal sebagai Bulan Mikro, Purnama mungkin terlihat lebih kecil dan kurang terang dari Bulan Purnama yang normal.

3. Lokasi visibilitas

Seluruh wilayah di Indonesia bisa mengamati peristiwa alam ini, begitu pula negara lain. Keseluruhan proses diamati di Samudra Hindia, Asia Selatan, Asia Tengah, Asia Barat, serta sebagian besar Afrika bagian timur.

Sedangkan, pada bagian utara Amerika dan sebagian besar Samudra Pasifik tak akan dapat mengamati keseluruhan proses gerhana bulan total ini. (hisyam/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...