Terbesar di Indonesia, Kantor ATR/BPN Kabupaten Tangerang Raup Rp 1,4 Triliun Pendapatan

KABUPATEN TANGERANG,PenaMerdeka – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Agraria, Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Banten, H Yusuf Purnama, menyebutkan Kantor (ATR/BPN) Kabupaten Tangerang berhasil memberdayakan program pelayanan.

Pasalnya kata Yusuf Purnama, pendapatan BPHTB untuk wilayah Kabupaten Tangerang berhasil didapat dengan angka yang lumayan signifikan.

“Pak Himsar (Kepala Kantor ATR/BPN Kabupaten Tangerang, red) berhasil ‘jualan’ program. Makanya berhasil mendapat angka pendapatan besar. Ya jajaran di sini berhasil dagang program pelayanan. Ini patut ditiru untuk ATR/BPN lain. Khususnya ATR BPN yang ada di wilayah Banten,” kata Yusuf, saat groundbreaking pembangunan Gedung Arsip Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang, Jumat (27/7/2018).

Yang dijual adalah kinerja, yang disodorkan adalah optimalisasi progres program pelayanan kepada masyarakat. Ini tentunya berhasil dilakukan dan dampaknya dirasakan langsung masyarakat Kabupaten Tangerang.

“Memang tidak seperti di wilayah Banten lain. Artinya pendapatan besar sulit untuk ATR/BPN seperti daerah Pandeglang,” katanya.

Yusuf menambahkan pemasukan BPHTB untuk ATR/BPN Kabupaten Tangerang adalah yang terbesar di seluruh Indonesia. Angkanya mencapai Rp 1,4 triliun pada tahun 2017.

“Diharapkan pelayanan kepada masyarakat dapat lebih meningkat lagi setelah adanya Gedung Arsip. Khususnya dalam penyelesaian berkas dapat lebih cepat karena arsip yang tertata rapih dan mudah dicari,” tuturnya.

Yusuf melanjutkan, Kantor ATR/BPN Kabupaten Tangerang dan wilayah lainnya merupakan institusi vertical yang langsung ke pemerintah pusat.

Jadi, sinergis antara pemerintah daerah supaya bisa memberikan hak hak admnistrasi pertanahan masyarakat sangat diperlukan. (ari)

Disarankan
Click To Comments