Ini Efek Samping Konsumsi Jus Lidah Buaya Bagi Kesehatan

JAKARTA,PenaMerdeka – Siapa yang tak kenal dengan lidah buaya, aloe vera ini salah satu bahan yang biasa dipakai untuk kecantikan. Bahan ini pun dikenal dengan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Kendati demikian, tumbuhan satu ini juga mempunyai efek samping yang mungkin belum banyak diketahui orang.

Lateks pada lidah buaya ini apabila dikonsumsi secara langsung bisa berbahaya meskipun hanya dikonsumsi dalam jumlah sedikit. Berikut ulasanya yang sudah disiapkan oleh PenaMerdeka.com untuk Anda;

1. Komplikasi dalam kehamilan dan menyusui

Baik gel ataupun lateks mungkin tak aman untuk dikonsumsi ibu hamil dan menyusui. Alasannya, dapat merangsang kontraksi uterus dan menyebabkan komplikasi seperti keguguran dan meningkatkan risiko bayi mengalami cacat saat lahir.

Sementara, pada bayi juga bisa terpengaruh kondisinya jika ibu yang sedang menyusuinya mengonsumsi jus tumbuhan yang satu ini.

2. Gagal ginjal

Tumbuhan ini bisa berinteraksi dengan obat tetentu—Digoxin, obat antidiabetes, Sevoflurane, obat gangguan kencing—dan dapat menyebabkan penyakit ginjal dalam jangka panjang. Lateksnya juga diasosiasikan dengan gagal ginjal. Jadi, orang yang menderita masalah ginjal harus hindari untuk mengkonsumi.

3. Rasa tak nyaman di perut

Salah satu efek samping minum jus lidah buaya ialah rasa tak nyaman di perut. Lateks ini bisa menyebabkan kram perut, kembung dan sakit perut. Hindari disaat tengah minum terutama apabila sedang mengalami masalah perut. (hisyam/dbs)

Disarankan
Click To Comments