Akibat Stres Berkepanjangan Bisa Bikin Tubuh Mudah Sakit

PenaMerdeka – Jika merasa tubuh mudah sakit, kemungkinan Anda sedang mengalami stres berkepanjangan. Faktor stres memang mampu melemahkan respon kekebalan pada tubuh, juga dapat memicu aneka masalah kesehatan seperti masalah pencernaan hingga pusing kepala.

Pada saat dalam kondisi stres, sebenarnya tubuh mencoba bertahan. Dalam kondisi seperti ini akan ada peningkatan dari hormon adrenalin dan kortisol, napas jadi lebih cepat, dan juga bisa terjadi tegang pada otot-otot. Misalnya saat stres karena terlambat ke kantor gara-gara jalanan macet atau saat sedang bekerja mendadak komputer mati.

Seperti diungkapkan psikiater asal New York, Gail Saltz, dalam keadaan stres berkepanjangan, hal yang terjadi akan membuat tubuh menjadi lebih aktif ‘melawan’ kondisi itu. Sehingga sistem kekebalan tubuh menjadi terkuras, kemudian masalah pencernaaan muncul, insomnia, sakit kepala dan berkontribusi munculnya infeksi pernapasan.

“Semua orang mengerti, tak ada hidup yang bebas dari stres, akan tetapi kuncinya adalah tahu mengatur stres itu,” kata Saltz seperti dirilis laman Time.

Strategi terbaik dalam mengendalikan stres berkepanjangan diantaranya adalah teknik bernapas yang tepat. Caranya, tarik napas dalam-dalam lalu tahan sebentar, lepaskan napas dalam beberapa hitungan.

Selain cara tersebut, olahraga juga dipercaya mampu untuk menurunkan tingkat stres. Untuk membantu menurunkan tingkat hormon bisa dengan melakukan aktivitas aerobik. Dengan berjalan kaki selama 20 menit, sudah bisa membuat seseorang jadi lebih rileks.

“Jangan anggap remeh kekuatan ngobrol bareng bersama pasangan atau dengan kawan. Dengan beercakap-cakap, dalam waktu cepat stres bisa berkurang ,” imbuh Saltz.

Oleh karenanya, bila sedang dilanda stres saran Saltz diatas bisa dipraktekkan. Tidak hanya lebih tenang, dengan mengatur stres membuat seseorang jadi tidak mudah jatuh sakit. (penamas/dbs)

Click To Comments