KPU Tangsel Klaim Tidak Ada Bacaleg Eks Koruptor Terdaftar Nyaleg

KOTA TANGSEL,PenaMerdeka – KPU Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tidak menemukan adanya Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) eks koruptor yang terdaftar sebagai wakil rakyat di kota pecahan dari Kabupaten Tangerang tersebut.

Pasalnya, bahkan menurut penjelasan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 20 tahun 2018 Bakal calon anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota bukan orang yang pernah menjadi terpidana sebagai bandar narkoba, kejahatan seksual anak dan juga korupsi.

Bambang Dwitoro Ketua KPU Kota Tangsel saat ditemui penamerdeka.com mengaku sampai saat ini pihaknya tidak menemukan adanya Bacaleg eks koruptor lantaran pernah trsandung tindak pidana kasus korupsi.

“Di Tangsel tidak ditemukan itu, Bawaslu juga sudah merilis via grup whatsApp KPU Banten tidak ada Bacaleg mantan napi korupsi di sini,” katanya di Sekretariat KPU Tangsel, Jalan Buana Kencana, Perum BSD City, Kota Tangsel, Selasa (31/7/2018).

Bambang juga menuturkan, setelah tahapan perbaikan daftar calon dan syarat calon anggota serta pengajuan bakal calon pengganti anggota DPRD diterima, KPU Kota Tangsel akan melakukan verifikasi dan meneliti lagi dokumen yang baru diberikan oleh bacaleg dari tanggal 1-7 Agustus 2018 sebagai syarat kelengkapan calon sementara.

“Nanti kita periksa keabsahanya, terus masih ada persiapan Daftar Calon Sementara (DCS), kemudian kita umumkan agar ditanggapi oleh masyarakat ada atau tidaknya Bacaleg yang melanggar PKPU,” tuturnya.

Terkait penyelenggaran pemilu 2019, Bambang berharap KPU Kota Tangsel dapat menjalani semua tahapan dengan lancar dan kondusif.

“Saya berharap berjalan lancar dan kondusif, sampai adanya pengumuman Bacaleg eks koruptor. Mudah-mudahan semua tahap awal sampai proses akhir pemilu 2019 nanti mampu dijalankan baik,” tandasnya. (ari)

Disarankan
Click To Comments