Hujan Lebat, Vietnam Ungsikan 14.000 Keluarga ke Hanoi Akibat Banjir

HANOI,PenaMerdeka – Hujan lebat  mengakibatkan banjir di Vietnam, lebih dari 14.000 keluarga diungsikan ke Hanoi lantaran khawatir.

Insiden itu sudah menaikkan ketinggian air di Sungai Bui, 20 km dari pusat kota Hanoi sehingga bisa mengakibatkan banjir di desa-desa terdekat.

“Otoritas harus siaga sepanjang waktu untuk memastikan keamanan warga lokal dan properti merek karena hujan lebat ini. Kita harus siap mengahadapi skenario buruk itu,” tegas Nguyen Duc Chung, Kepala Komite Rakyat Hanoi yang berfungsi sebagai lembaga eksekutif atau kantor Walikota Hanoi.

Vietnam dinilai sangat rawan apabila diterjang badai dan banjir. Dengan 389 orang tewas tahun lalu dalam bencana alam seperti banjir serta tanah longsor. Dua anak tenggelam lebih dari 1.000 rumah di distrik Hanoi sudah tergenang banjir.

Menurut Pusat Nasional unthk Perkiraan Hidro-Meteorologi Vietnam, diperkirakan hujan bakal mereda hari ini. Pekan lalu, banjir dan tanah longsor memicu badai tropis Son Tinh yang menewaskan 27 orang serta mengakibatkan tujuh orang hilang di wilayah utara Vietnam.

Banjir yang lebi parah diperkirakan terjadi dalam beberapa bulan mendatang yang bisa diakibatkan karena hujan lebat, hingga musim hujan berakhir sekitar awal Oktober nanti. (uki)

Disarankan
Click To Comments