Galaksi Mirip Bima Sakti Berhasil Dijepret Hubble

JAKARTA,PenaMerdeka – Galaksi mirip Bima Sakti berhasil dijepret atau diabadikan oleh Teleskop luar angkasa, Hubble, milik Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA), Amerika Serikat.

Benda langit yang berhasil dibidik bernama NGC 6744 ini namanya memang terbilang tidak cukup menarik. Akan tetapi ini diperkirakan ada sekitar 200.000 tahun cahaya dan juga diprediksi dua kali lebar milik Milky Way.

Dari bentuknya, galaksi mirip bima sakti ini menyerupai cukup panjang, dengan lengan spiral yang berbentuk melengkung yang terdiri dari bintang, planet, gas lepas serta pula debu yang tidak terhitung jumlahnya.

“NGC 6744 mempunyai wilayah pusat yang menonjol penuh dengan bintang. Berpindah dari inti, ini bisa dilihat pada bagian-bagian dari lengan spiral berdebu yang bernuansa merah jambu dan biru,” tulis NASA.

Foto benda langit itu berhasil diambil dengan Hubble’s WFC3, yang merupakan singkatan dari Wide Field Camera 3.

“Sementara yang merah muda ialah wilayah pembentukan bintang aktif. Itu mengungkapkan bahwa galaksi masih hidup,” lanjut tulisan NASA.

Sebelumnya, pada tahun 2005 silam, supernova bernama 2005 (tidak terlihat dalam gambar ini) ditemukan dalam NGC 6744, yang menambah argumen keaktifan. Namun sekarang berhasil ditemukan galaksi mirip Bima Sakti. (redaksi)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah