Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

KPU Kabupaten Tangerang Klaim Belum Kantongi Bacaleg Tersandung Pidana Khusus

0 262

KABUPATEN TANGERANG,PenaMerdeka – Memasuki tahapan verifikasi perbaikan dokumen Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dalam Pileg 2019 mendatang, KPU Kabupaten Tangerang tidak menemukan Bacaleg yang pernah tersangkut kasus tiga pidana khusus.

Pasalnya, seperti dijelaskan dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018 mantan narapidana korupsi, bandar narkoba, dan kejahatan seksual terhadap anak dilarang untuk mencalonkan diri sebagai Bacaleg.

M Ali Zaenal Ketua KPU Kabupaten Tangerang mengatakan, dari hasil verifikasi berkas model BB 2 yaitu informasi identitas Bacaleg yang diajukan semua parpol, belum ditemukan adanya seorang mantan narapidana korupsi, bandar narkoba ataupun terpidana kejahatan seksual terhadap anak yang mendaftarkan diri sebagai Bacaleg yang akan bertarung di pemilu 2019.

“Dalam format BB 2 sampai sejauh ini belum di temukan indikasi yang melanggar itu,” katanya kepada penamerdeka.com, Jumat (3/8/2018).

Kemudian Ali menerangkan, apabila pada tahap verifikasi ditemukan indikasi bacaleg mantan narapidana, KPU Kabupaten Tangerang akan melakukan klarifikasi kepada pihak yang berwenang.

“Tidak menutup kemungkinan pelanggaran tersebut dilakukan oleh para Bacaleg. Kalau memang ditemukan, maka kami akan melakukan klarifikasi kepada pihak yang berwenang untuk diverifikasi lebih lanjut,” terang Ali saat di temui di kantor KPU Jalan Raya Syech Nawawi Nomor 99 Matagara Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.

Lebih dalam Ali mengungkapkan, hasil verifikasi dari pihak berwenang itu akan dijadikan pedoman KPU Kabupaten Tangerang untuk menentukan bacaleg tersebut memenuhi syarat atau tidak untuk melanjutkan ke tahapan berikutnya yaitu Daftar Calon Sementara (DCS).

“Kalau memang Baceleg tersebut terindikasi mantan terpidana tiga kasus yang saya sebutkan, maka namanya akan kami coret, otomatis statusnya kami tetapkan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sesuai PKPU, walaupun syarat lainya sudah dipenuhi,” tandasnya. (ari)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...