Begini Cara Lindungi Mata Anda dari Cahaya Biru Smartphone

JAKARTA,PenaMerdeka – Pada zaman sekarang ini, smartphone memang telah membuat pola tidur manusia telah berubah. Nahasnya, cahaya biru smartphone bisa merusak pengelihatan.

Peneliti dari University of Toledo mengungkapkan hal itu dapat menyebabkan kebutaan. Studi ini menemukan bahwa efeknya menimbulkan reaksi racun dalam molekul retina yang merasakan sinyal otak.

Akibatnya, reaksi kimia beracun membunuh fotoreseptor di mata, yang tidak bisa dipulihkan begitu mereka mati. Mengutip dari Boldsky, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports mengatakan ini mengarah pada degenerasi macula atau penurunan penglihatan pusat.

Berikut ini beberapa cara-cara mudah untuk menyelamatkan mata dari silau cahaya biru smartphone yang sudah dirangkum oleh PenaMerdeka.com untuk Anda;

1. Kedipkan Mata Lebih Sering

Mengedipkan mata yang lebih saat Anda berkonsentrasi pada ponsel pintar hal ini akan membuat mata lembab dan mengurangi iritasi dan kekeringan. Jadi, pastikan bahwa Anda harus mengedipkan mata Anda sekitar 10 kali setiap 20 menit.

2. Matikan Telepon Sebelum Waktu Tidur

Menurut National Sleep Foundation, hal seperti ini juga dapat memengaruhi tidur dengan menekan produksi hormon melatonin. Melatonin yang memainkan peran kunci dalam pengaturan siklus tidur dan produksinya dipengaruhi oleh deteksi itu.

Jadi, matikan ponsel Anda setidaknya 30 menit sebelum Anda tidur.

4. Pegang Lebih Jauh

Secara umum, sebagian besar orang cenderung memegang hanya sekitar 8 inci dari wajah. Alasannya untuk mendapatkan tampilan yang lebih baik ataupun lebih dekat. Hal ini tidak baik untuk mata karena bisa memengaruhi mata.

Pegang ponsel cerdas Anda, setidaknya 16 hingga 18 inci dari mata. Hal seperti ini mungkin terasa aneh ketika Anda melakukannya untuk pertama kali, tetapi secara bertahap Anda akan terbiasa untuk menjauhkan dari cahaya biru smartphone. (hisyam)

Disarankan
Click To Comments