Liga Santri Nusantara Banten Ajang Cari Pesepakbola Handal Ponpes

0 653

KABUPATEN PANDEGLANG,PenaMerdeka – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI kembali menggelar Liga Santri Nusantara (LSN) dalam rangka mencari pesepakbola handal dari kalangan santri.

Berlangsung di Stadion Badak, Majasari, Kabupaten Pandeglang, perhelatan liga yang sudah berlangsung ke 4 itu diikuti Pondok pesantren (Ponpes) se-Provinsi Banten.

Khoirun Huda, Koordinator Liga Santri Nusantara untuk Provinsi Banten mengatakan, pihaknya telah membagi dua sub region. Sub region I meliputi Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan, sementara sub region II wilayah Pandeglang, Serang, Cilegon dan Lebak.

“Kick off yang sekarang ini khusus sub region II meliputi , Pandeglang, Serang, Cilegon dan Lebak,” terang Huda, Senin (20/8/2018).

Huda menambahkan, program yang digagas oleh Kemenpora RI melalui RMI Nahdatul Ulama (NU) itu, semakin banyak peminatnya. Terbukti dengan semakin banyaknya Ponpes yang mendaftar sebagai tim peserta Liga Santri.

“Maka, kami memutuskan membentuk dua sub region di Banten, setelah melihat antusiasisme Ponpes untuk mengikuti liga tahun 2018 ini,” jelasnya.

Huda mengatakan, untuk sub region II, kompetisi tahunan itu diikuti 16 tim yang nantinya bertanding untuk memperebutkan juara sub region II. Sedangkan pada sub region I akan digelar pada September 2018 mendatang.

“Ponpes dari kabupaten Tangerang, kota Tangerang dan Tangsel pun sudah mendaftarakan timnya. Insya Allah akan digelar awal September 2018 mendatang, untuk juaranya nanti akan mewakili Banten ditingingkat Nasional,” ungkapnya.

Huda melanjutkan, Liga Santri Nusantara merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap bakat atlit sepakbola dari kalangan pesantren di Indonesia.

“Kami meyakini dari 27 ribu pesantren yang ada di Indonesia menyimpan banyak keunggulan dan potensi bakat pemain sepakbola,” ujarnya.

Huda juga berharap nantinya kompetisi tersebut segera mendapat perhatian dari Pemerintah Daerah di Banten.

“Dibeberapa wilayah Liga Santri Nusantara sudah dijadikan agenda daerah masing-masing, semoga tahun depan Pemda di Banten juga bisa memfasilitasi ajang pencarian bakat atlit sepakbola seperti ini,” harapnya. (abdul)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...