Gelaran Diklat ASN Eselon IV, BKPSDM Kota Tangerang: Signifikan Kurangi Pelanggaran Kerja

154

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Untuk meningkatkan kedisiplinan pegawai di lingkup pemerintahan, Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tangerang menggelar diklat tingkat Aparatur Sipil Negara (ASN) eselon IV.

Berlangsung di lantai empat Gedung Cisadane Jalan Aipda KS Tubun No 1, Koang Jaya, Kota Tangerang, diikuti sebanyak 103 peserta pegawai Pemkot menghadirkan narasuber dari Badan Kepegawaian Negara.

Diklat tersebut diinformasikan pihak BKPSDM dapat meningkatkan etos kerja dan mengurangi pelanggaran di tingkat ASN eselon IV secara signifikan.

Saefullah, Kasubdit Kepegawaian pada BKPSDM Kota Tangerang mengatakan, kegiatan diklat selain meningkatkan kedisiplinan tetapi pihaknya juga gencar mendorong peningkatkan etos kerja pegawai yang ada di lingkungan Pemkot ataupun di wilayah.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sebelumnya pernah dilaksanakan, hari ini merupakan kegiatan yang kedelapan,” terang Saefullah, Rabu (29/8/2018).

Sementara Dian Pardiani, Kabid Pembinaan Apratur pada BKPSDM Kota Tangerang menjelaskan, materi yang disampaikan dalam acara tersebut adalah tentang Undang-undang No 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara.

Selain itu kata Dian ada juga pembekalan PP No 53 Tahun 2010, PP No 11 Tahun 2017 dan PP No 45 Tahun 1990 Tentang Perizinan Perkawinan dan Perceraian serta sosialisasi jaminan kesehatan nasional (JKN).

Pembekalan yang terkhir melakukan simulasi pengujian permasalahan pegawai ASN eselon IV yang ada di SKPD.

“Untuk simulasi di bagi empat kelompok dengan penyelesaian permasalahan di antaranya asusila, disiplin PNS, ketidak hadiran, menjadi istri ke dua dan calo pegawai,” terang Dian.

Dian juga berharap, adanya kegiatan diklat supaya para pegawai bisa memahami Undang-undang atau regulasi tentang kepegawaian. Sehingga ketika pejabat eselon IV melihat bawahannya kedapatan melakukan pelanggaran segera melakukan cek dan melakukan pemanggilan.

“Sebab jika tidak ia (atasan,red) akan mendapat hukuman sesuai dengan yang dilakukan oleh bawahanya,” ungkap Dian.

Dian menambahkan, diklat pejabat pada pegawai ASN eselon IV ini disebutkannya telah berhasil mengurangi tingkat pelanggaran dan peningkatan kedisiplinan pegawai pemkot secara signifikan.

“Dari tahun ke tahun ada peningkatan yang begitu signifikan, maka diklat ini sangatlah perlu dilakukan dan diadakan,” tandas Dian. (adv)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tahun Baru Islam
Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...