Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Orang Dengan Otot Kuat Bisa Hidup Lebih Lama?

62

JAKARTA,PenaMerdeka – Penelitian terbaru dari University of Michigan, Health and Retirement Study mengungkapkan bahwa orang dengan otot kuat dinilai bisa membuat hidup lebih lama.

Sementara, dalam penelitian itu juga menyatakan seseorang dengan kekuatan otot rendah berisiko akan lebih cepat meninggal.

Men’s Health memberitakan, penelitian ini melibatkan lebih dari 8.326 responden berusia 65 tahun atau lebih. Orang dengan otot kuat itu diukur melalui grip strength yang diperoleh menggenggam erat dinamometer.

“Kekuatan memang dinilai sangat penting untuk kesehatan tubuh dan umur panjang,” terang Kate Duchowny salah satu peneliti, Senin (3/9/2018).

Menurut Katez, Grip strength bisa digunakan untuk mengetahui kondisi seberapa lama kesehatan secara menyeluruh dan umur panjang seseorang.

Grip strength juga dinilai efektif dibandingkan alat pengukuran lainnya seperti massa otot.

Sedangkan batasan grip stregth untuk pria dan wanita sangat berbeda. Untuk pria grip stregth sendiri idealnya dengan berat 39 kilogram untuk laki-laki dan 22 kilogram untuk wanita.

Penelitian ini menyatakkan bahwa 46% responden masuk kedalam kategori lemah. Hal itu artinya, kekuatan kurang dari standar yang ditetapkan.

Angka yang terjadi pada kegiatan ini meningkat lebih dibandingkan penelitian sebelumnya sebesar 10 hingga dengan 13 responden kategori lemah.

Hasilnya, grip strength menjadi bagian dari pemeriksaan kesehatan untuk mendeteksi menurunnya kekuatan yang menandakan penuaan dan bisa mengantisipasi tanda penuaan sebelum grip strength semakin menurun. Namun, orang dengan otot kuat dinilai bisa lebih lama hidup. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...