Jepang Dilanda Gempa 6,7 SR Picu Tanah Longsor Meluas di Hokkaido

51

HOKKAIDO,PenaMerdeka – Wilayah Hokkaido, Jepang dilanda gempa yang berkekuatan 6,7 (SR) skala richrer pada Kamis (6/9/2018). Bencana tersebut memicu tanah longsor yang secara meluas yang mengubur banyak rumah.

Sejumlah warga dilaporkan banyak terjebak di beberapa wilayah yang dilanda gempa bumi dan aliran listrik yang terputus.

Media setempat dan televisi Jepang melaporkan, tanah longsor terjadi di sepanjang punggung bukit pada wilayah Atsumi. Stasiun televisi NHK menyiarkan secara langsung rekaman udara dari longsor hebat di kawasan itu.

Diketahui, sekitar 10 orang sudah dibawa ke rumah sakit karena cedera, salah satunya yang menderita luka serius. Belum ada laporan tentang jatuhnya korban jiwa.

Badan Meteorologi Jepang (JMA) menyebutkan, gempa bumi yang melanda mempunyai kekuatan 6,7 SR.

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) pada sebelumnya mengungkapkan, lokasi gempa berada pada area yang berjarak sekitar 68 km sebelah tenggara Sapporo, dari kota utama di Hokkaido.

Sementara itu, Shinzo Abe, Perdana Menteri Jepang menambahkan, bahwa pemerintah sudah mendirikan pusat komando untuk mengkoordinasikan bantuan dan penyelamatan.

“Gempa yang melanda sudah mengakibatkan tanah longsor, kami sudah membuat tim penyelamatan. Penyelamatan nyawa warga. Hal itu sudah menjadi prioritas utama dari misi pusat komando,” pungkas Shinzo. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tahun Baru Islam
Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...