Festival Jurus Silat Kaserangan Ditarget Mendunia

82

KABUPATEN SERANG,PenaMerdeka – Pemerintah Kabupaten Serang bersama Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF) kembali menggelar Festival Jurus Silat Kaserangan di Pantai Plorida, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang.

Para pesilat itu berlomba untuk menampilkan beberapa jurus yang digagas langsung oleh Ratu Tatu Chasanah, Bupati Serang dan memperebutkan Piala Bupati Serang.

“Dalam Festival Jurus Silat Kaserangan, pesilat memperebutkan Piala Bupati Serang. Jurus itu sendiri diciptakan 13 sesepuh pendekar dari 12 aliran yang ada di Kabupaten Serang. Namun, ini digagas langsung oleh ibu Bupati,” terang Medi Subani, Sekretaris Tim Perumus Jurus Silat Kaserangan.

Ia menjelaskan, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah ingin ada persatuan dari 12 aliran di Kabupaten Serang sehingga digagas satu jurus persatuan.

“Para sesepuh pendekar itu setuju untuk bersama menciptakan jurus Kaserangan ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ratu Tatu Chasanah, Bupati Serang menyatakan, bela diri ini merupakan seni budaya Indonesia sehingga dalam ajang Asian Games dapat meraih medali emas terbanyak.

“Kedepannya kami berharap banyak pesilat dari Banten, khususnya Kabupaten Serang dapat berprestasi pada setiap kompetisi nasional dan internasional,” cakap Tatu.

Tatu menambahkan, ia juga sudah mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat dengan menjadikan muatan lokal di SD dan SMP.

“Kami ingin ada persatuan para pendekar sehingga diciptakan jurus ini. Jurus ini bakal kami sosialisasikan ke tingkat nasional dan dikenal secara internasional,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, jurus ini adalah gabungan dari seni silat, tari, dan debus. Dengan diiringi gendang silat, jurus ini penuh nuansa seni dan jiwa ketegasan jawara.

Pemenang lomba Festival Jurus Silat Kaserangan ini yaitu juara 1 dari Paguron Sinar Pusaka Putra, juara 2 Paguron Haji Salam, Juara 3 Paguron PSWR Keramat, Juara 4 Paguron Pusaka Pancaregang, Juara 5 Paguron Pusaka Cimande, dan Juara 6 Paguron TTKDH Ciomas. (sarinan)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Dwi Nopriandi
Ahmad Jazuli
Loading...