Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Afrika Selatan Putuskan Legalkan Konsumsi Ganja

41

JOHANNESBURG,PenaMerdeka – Pengadilan tertinggi Afrika Selatan memutuskan konsumsi ganja secara legal atau sah. Putusan yang dikeluarkan Mahkamah Konstitusi itu menyebut kriminalisasi terhadap penggunanya merupakan tindakan inkonstitusional.

“Hukum yang melarang penggunaan ganja pribadi oleh orang dewasa adalah inkonstitusional dan karenanya tidak sah Ini bukan pelanggaran pidana bagi orang dewasa untuk menggunakan atau memiliki ganja secara pribadi guna dikonsumsi pribadi,” terang Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi, Raymond Zondo.

Melansir dari AFP, Mahkamah Konstitusi juga memerintahkan parlemen agar menyusun undang-undang baru dalam waktu 24 bulan untuk mencerminkan perintah pengadilan tertinggi itu soal konsumsi ganja.

Kendati demikian, fatwa Mahkamah Konstitusi itu tak merinci jumlah atau kadar ganja yang bisa digunakan oleh orang dewasa untuk dikonsumsi secara pribadi.

Para aktivis, termasuk anggota gerakan Rastafarian dan tabib tradisional, sumringah menyambut putusan dengan tepuk tangan meriah. Di luar gedung Mahkamah Konstitusi, juru kampanye pro-ganja menyalakan pipa rokok untuk merayakan berita dan mengisi udara dengan aroma khas ganja.

“Saya senang tidak akan mendapatkan lebih banyak catatan kriminal lagi. Sekarang kita dapat meminta kepada polisi untuk fokus kepada obat-obatan dan preman bukanya konsumsi ganja lagi,” kata Ruaan Wilson (29), warga setempat. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...