Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Gandeng Generasi Milenial, TRUTH Launching SAKTI Tangerang Soal Cegah Perilaku Koruptif

127

KOTA TANGSEL,PenaMerdeka – Tangerang Public Tranparency Watch (TRUTH) bersama Ikatan Alumni Sekolah Anti Korupsi (IKA SAKTI) meluncurkan SAKTI Tangerang Angkatan IV sekaligus menggelar diskusi publik pencegahan korupsi.

Berlangsung di Aula Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), jalan KH Ahmad Dahlan, Cirendeu Kota Tangerang Selatan (Tangsel), peluncuran sekolah dan diskusi tersebut dihadiri 80 peserta dari Siswa SAKTI dan Mahasiswa UMJ dari berbagai jurusan.

Adam Alfian, Ketua Pelaksana Diskusi Publik dan Peluncuran SAKTI IV mengatakan, kegiatan peluncuran SAKTI merupakan agenda tahunan tanda dimulainya kegiatan sekolah anti korupsi.

Bertujuan agar terjalin kerjasama antar mahasiswa dalam pencegahan korupsi, acara peluncuran di gelar di kampus-kampus besar yang berada di wilayah Tangsel.

“Dulu SAKTI Tangerang angkatan I-III digelar di Universitas Pamulang (UNPAM) Dan Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, kebetulan di UMJ baru kali ini. Tujuannya agar lembaga-lembaga pendidikan yang berada di Tangerang Raya bisa bersinergi dalam pencegahan korupsi,” tutur adam usai peluncuran dan diskusi, Selasa (25/9/2018).

Adam menambahkan, sekolah anti korupsi yang berada di wilayah Tangerang ini dimulai dari tahun 2014, yang diinisiasi oleh TRUTH bekerja sama dengan Indonesia Corruption Watch (ICW) serta Pusat Belajar Anti Korupsi (PBAK) Dompet Duafa. Beranggotakan pelajar, mahasiswa dan pemuda, siswa SAKTI angkatan IV ini diharapkan semakin luasnya gerakan anti korupsi, khususnya untuk wilayah Tangerang.

“Semoga gerakan anti korupsi semakin meluas. dan bisa bersinergi dengan lembaga-lembaga pendidikan yang berada di wilayah Tangerang Raya,” tambahnya.

Siti Juliantari Rachman Program Manager Divisi Kampanye ICW memaparkan, peluncuran SAKTI Tangerang angkatan IV yang digelar TRUTH ini merupakan salah satu cara untuk melakukan kaderisasi gerakan anti korupsi.

Kata Juliantari, para pelajar yang mengikuti sekolah ini diharapkan bisa menyebarkan pengetahuan tentang melakukan pencegahan perilaku koruptif.

“Kita tahu korupsi semakin banyak, tentunya gerakan anti korupsi seharusnya semakin bertambah. Nah, SAKTI ini bertujuan agar peserta tahu apa itu korupsi dan bagaimana cara melawannya. Semoga setelah kegiatan ini, para peserta yang terpilih di SAKTI ini bisa menyebarkan virus-virus anti korupsi dan bisa memperkuat gerakan anti korupsi itu sendiri,” ungkap Tari.

Sementara TB. Ahmad Micail mahasiswa jurusan manajemen UNPAM berujar, keikutsertaanya dalam sekolah anti korupsi bertujuan untuk mengetahui lebih jauh jenis-jenis perilaku koruptif dan bagaimana cara mencegah perilaku tersebut.
Ia berharap dengan menjadi siswa SAKTI angkatan IV dapat berperan aktif dalam pemberantasan korupsi yang terjadi di Indonesia.

“Setelah ikut kegiatan ini, saya baru tahu kalau korupsi bukan hanya menggelapkan uang, ternyata masih banyak sekali tindakan korupsi yang tidak kita sadari selama ini. Seperti korupsi waktu,mengambil hak orang lain dan masih banyak lagi,” ujar Ahmad.

Diketahui pada acara diskusi dan peluncuran SAKTI Tangerang angkatan IV dihadiri Deputi Bidang Pencegahan KPK Rama Handoko, Program manager Divisi Kampanye ICW Siti Juliantari Rachman, PBAK Dompet Duafa Muhammad Ridwan Affan.(ari tagor)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...