Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Mengintip Gelaran Serentak Nobar Film G30S/PKI Jelang Pemilu 2019

178

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Ba’da Magrib, Minggu tanggal 30 September hampir di setiap pojok kampung menggelar nonton bareng alias nobar Film G30S/PKI.

Sempat dilupakan orang lantaran beberapa tahun belakangan film karya Arifin C Noer itu jarang atau bahkan sempat tidak ditayangkan stasiun televisi karena sejumlah alasan. Dan saat ini pun terkait penayangan film itu menjelang pemilu 2019 sempat menjadi perdebatan beberapa pihak.

Kini kembali ada inisiatif masyarakat yang memang sengaja mempertontonkan film itu di muka umum. Hampir di setiap pojok gang menggelar nobar Film G30S/PKI yang sempat boming di era 1980-an.

Inti film itu menceritakan peristiwa seputar gerakan dan pembasmian gerakan komunis di Indonesia yang dilakukan pada 30 September tahun 1965.

Pantauan penamerdeka.com di beberapa daerah di Provinsi Banten, seperti Kota Tangerang, Tangerang Selatan, Kota Serang terlihat kerumunan masyarakat begitu fokus menyaksikan film yang berdurasi 4 jam tersebut.

Buchyar Syam, warga Kota Tangerang mengatakan, generasi penerus bangsa harus tahu kebenaran sejarah yang ada pada film 30S/PKI.

“Maka nobar film G30S/PKI yang kami gelar ini supaya memberikan edukasi sejarah, agar generasi kita tidak terus dibodohi dengan sejarah bohong,” terang Syam, Minggu (30/9/2018) petang.

Sementara di Kota Tangsel, Julham Firdaus Ketua Bamus Tangsel mengatakan, soal gelaran film tersebut tujuannya mengingatkan generasi muda, pelajar dan seluruh masyarakat Indonesia bahwa negara ini pernah dikhianati oleh kelompok komunis.

“Jadi tidak boleh ini dibiarkan. Tidak diperlihatkan atau ini tidak boleh didiamkan,” terang Julham.

Ia berharap, pasca nobar film 30S/PKI nantinya bisa meningkatkan rasa nasionalisme warga Tangsel.

“Karena sangat penting untuk menjaga jiwa yang nasionalis. Apalagi untuk menjalin persaudaraan persatuan dan kebersamaan,” harap Julham.

Sementara sebelumnya ratusan santri di Kota Serang pada Sabtu 29/9/2018 sudah melangsungkan nobar G30S/PKI di Alun-alun Kota Serang.

Sudrajat Syahrudin Ketua Panitia nobar menyebut saat ini kepada generasi milenial sangat perlu sekali diberi pembekalan dan mengetahui soal gerakan komunis.

“Kami sebagai masyarakat wajib memberi tahu soal bahaya laten komunis di Indonesia. Makanya sengaja menggelar nobar film G30S/PKI bagi masyarakat Serang,” tandasnya. (redaksi/tim)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...