Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Ini Rincian Sanksi Hasil Sidang Komdis PSSI ke Persib Pasca Tewasnya Suporter Persija

175

JAKARTA,PenaMerdeka – PSSI secara resmi mengumumkan sanksi Komdis (Komite Disiplin) kepada klub Liga satu Persib Bandung terkait insiden tewasnya suporter saat menjelang laga Persib kontra Persija pada 23 september lalu.

Dari hasil sidang Komdis tersebut, didapati beberapa kesimpulan pelanggaran kode disiplin yang dilakukan klub Persib Bandung.

Hasil sidang Komdis menyebutkan, suporter Persib melakukan intimidasi kepada ofisial Persija pada saat pertemuan teknis, melakukan sweeping dan juga melakukan pengeroyokan dan pemukulan kepada suporter Persija hingga mengakibatkan tewasnya Harringga Sirla.

Kemudian Komdis menilai, panitia penyelenggara pertandingan Persib vs Persija telah gagal memberikan rasa aman dan nyaman terhadap suporter yang datang langsung ke stadion stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Dari pelanggaran tersebut, seperti di lansir laman resmi PSSI, Selasa (2/10/2018) Komdis memutuskan memberikan hukuman kepada klub Persib Bandung berupa sanksi pertandingan home di luar Pulau Jawa (Kalimantan) tanpa penonton sampai akhir musim kompetisi 2018 dan pertandingan home tanpa penonton di Bandung sampai setengah musim kompetisi tahun 2019.

Tidak hanya untuk klub, sanksi Komdis juga diberikan kepada suporter dan penonton. Mereka, diberikan sanksi berupa larangan untuk menyaksikan pertandingan Persib Bandung pada saat menjadi tuan rumah maupun saat bertandang, serta pertandingan Liga 1 lainnya sejak putusan ini ditetapkan sampai pada setengah musim kompetisi 2019.

Untuk panitia penyelenggara pertandingan, sanksi yang diberikan Komdis adalah menghukum ketua panitia pelaksana pertandingan dan security officer berupa larangan ikut serta dalam kepanitiaan pertandingan Persib Bandung dua tahun lamanya.

Selain itu, Panpel Persib Bandung juga didenda sebesar Rp. 100 juta. Komdis juga menegaskan, Panpel Persib Bandung wajib memerangi dan melarang rasisme dan tulisan provokasi serta slogan yang menghina. Baik pada spanduk, poster, baju dan atribut lainnya dengan cara apapun.

Adapun untuk seluruh tersangka pengeroyokan Haringga Sirla, Komdis memutuskan sanksi larangan menonton sepak bola di wilayah Republik Indonesia seumur hidup.

Ratu Tisha Destria, Sekretaris Jenderal PSSI menandaskan, setelah sanksi Komdis di putuskan, PSSI meminta kepada PT Liga Indonesia baru untuk kembali melanjutkan Liga Satu mulai tanggal 5 Oktober mendatang.

“Dengan telah diputuskannya hukuman ini dari Komdis dan mengakomodasi permohonan dari forum silaturahmi klub Liga 1, maka PSSI mencabut status penghentian sementara Liga 1. Selain itu, PSSI juga meminta PT Liga Indonesia Baru untuk dapat kembali menjalankan Liga 1 2018 terhitung tanggal 5 Oktober 2018,” tandasnya. (ari/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...