Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Dianggap Sudah Parah! Pemprov DKI Rancang Antisipasi Ancaman Pencemaran Udara

144

JAKARTA,PenaMerdeka – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi DKI Jakarta menyebutkan bahwa pencemaran udara di Ibu Kota saat ini menduduki peringkat ke empat dan termasuk dalam 10 risiko lingkungan paling signifikan di Indonesia.

“Beberapa sumber utama polusi adalah berasal dari kendaraan bermotor, pembangkit listrik berbahan bakar batu bara, debu, pembakaran sampah serta biomassa,” terang Isnawa Adj, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta.

Menurut Adji, pencemaran udara ini dinilai sangat berbahaya terhadap kesehatan, khususnya mengarah kepada anak-anak dan para ibu hamil.

“Karena hal tersebut bida menyebabkan kematian bayi dan anak akibat infeksi saluran pernapasan bagian atas, kematian janin, berat badan lahir rendah, tingkat IQ rendah serta stunting,” paparnya.

Hal itu merupakan salah satu isu lingkungan yang dinilai berbahaya lantaran berdampak kepada kesehatan manusia dan lainnya. Maka itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal menyusun desain besar (grand design) soal pengelolaan udara di Ibu Kota.

Sementara itu, Oswar Mungkasa, Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup menambahkan, penanganan itu harus melibatkan berbagai pemangku kepentingan, serta dilakukan secara skala besar, dan lintas pemerintah daerah di Jabodetabek.

“Perbaikan kualitas soal pencemaran udara di Ibu Kota perlu dilakukan secara terprogram, terpadu, dan tentunya berjangka panjang. Pemangku kepentingan bekerja dalam silo sehingga hasil program peningkatan di Jakarta belum optimal,” tambah Oswar. (deden/uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...