Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Menkumham Sebut Warga Binaan Lapas Juga Perlu Pendidikan

0 62

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Yasonna H. Laoly, selaku Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Republik Indonesia menyebutkan bahwa pentingnya pendidikan untuk warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

“Pendidikan penting untuk masyarakat, terutama bagi saudara-saudara yang tengah menjalani hari-harinya di Lapas ini,” terang Yasonna saat memberikan kuliah umum di Lapas Pemuda Kelas II A Tangerang, Kamis (18/10/2018).

Ia menjelaskan, hak-hak sebagai warga negara yang ada di Lapas seharusnya bisa dipenuhi oleh pihaknya. Namun, karena satu hal dia dan pihaknya belum bisa penuhi.

“Saudara-saudara kita yang di Lapas belum mengenyam pendidikan tinggi atau yang belum menamatkanya, tapi mempunyai dasar pasti nanti kita transfer ilmu itu dan kita akan akomodasi,” cakap Yasonna.

Menurutnya, apabila warga binaan bisa lebih giat membaca dan belajar, maka bakal mendapatkan ilmu, bahkan bisa menjadi sarjana yang berguna bagi masyarakat nantinya pada saat lulus dari program pendidikan tinggi di Lapas.

“Siapkan dirimu, gunakan waktumu untuk belajar, gantungkan cita-cita kamu setinggi langit. Walaupun kamu jatuh, kamu akan jatuh diantara bintang-bintang,” tegas Yasonna.

Sebab kata Yasonna, warga binaan juga bisa bericita-cita. Apabila warga binaan itu terus berusaha dengan keras dan sehingga saat keluar dari Lapas bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

“Anda semua boleh kehilangan kemerdekaan fisik, tetapi tidak boleh kehilangan akal sehat dan kreatifitas. Jeruji besi tidak boleh membatasi ilmu. Jadikan itu sebagai semangat mu yang membakar, tunjukan kepada keluarga, kepada dunia luar bahwa kamu itu bisa,” ungkapnya.

Yasonna menambahkan, mungkin saja warga binaan nantinya saat keluar dari Lapas bisa menjadi dosen, pengacara yang membela kesusahan masyarakat, apabila pendidikan itu dimanfaatkan dengan baik.

“Apabila warga binaan bisa mengenyam pendidikan dengan baik, nanti pada saat sudah di masyarakat luas bisa menjadi orang yang bermanfaat. Jadikan cita-cita itu sebagai dorongan semangat Anda,” pungkas Yasonna. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...