Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Gubernur Anies: Enam Bulan Kedapan, DKI Bebas Reklame

0 45

JAKARTA,PenaMerdeka – Pemprov DKI Jakarta berkomitmen untuk menegakkan aturan dalam menyelenggarakan reklame di DKI Jakarta. Selama enam bulan ke depan nanti, wilayah DKI bakal bebas reklame.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta. Sebab hal itu dalam mewujudkan Kota Jakarta yang aman, tertib, nyaman dan indah. Pemprov DKI juga sudah memulai operasi penertiban reklame.

“Dalam waktu enam bulan hingga satu tahun kedepan nantinya, wilayah Jakarta bebas dari papan tiang reklame,” tegas Anies.

Ia menjelaskan, pajak reklame merupakan salah satu sumber dari pendapatan penting bagi Jakarta. pada 2017, Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pajak reklame sejumlah Rp964 miliar atau sekitar 3% sumbangan total PAD.

“Walaupun pajak itu turut menyumbang PAD, namun, Pemprov DKI tidak hanya mengejar pendapatan. Melainkan mempertimbangkan aspek lainnya dalam mengelola Jakarta,” cakap Anies.

Salah satunya adalah aspek penegakan hukum, tata kota dan upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

Pada sebelumnya, Pemprov DKI sudah menertibkan papan reklame di Jalan HR Rasuna Said samping Kantor KPK. Sebelum penertiban, pemilik bangunan reklame sudah diberi peringatan untuk membongkar bangunannya lantaran melanggar izin. Setelah diberi surat peringatan (SP1 hingga SP3) dan tidak ada tindak lanjut.

Pemprov DKI Jakarta menertibkan reklame itu dengan memasang stiker/spanduk penanda peringatan untuk selanjutnya dibongkar.

Pemilik bangunan yang melanggar izin diharapkan membongkar sendiri bangunan miliknya. Pemprov DKI juga bakal memberikan sanksi tegas kepada pelanggar yang tetap tak mengindahkan aturan setelah diberi peringatan. (deden/uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...