Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Aktivis Minta Pemkot Tangerang Selesaikan Kasus Penggusuran Warga Batujaya

0 59

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Aktivis dari Aliansi Mahasiswa Tangerang (AMT) Raya meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang segera menyelesaikan konflik agraria bagi warga Kampung Darusalam.

Ashabul Kahfi, Koordinator Lapangan aksi AMT Raya mengatakan, sebab proses penggusuran yang di alami warga Kampung Darusalam, Kelurahan Batujaya, Batuceper yang dilakukan Pemkot Tangerang disebutkan tidak sesuai dengan standar Hak Asasi Manusia (HAM).

Kata dia sudah melanggar Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2005 Tentang Tentang Hak-hak Ekonomi, Sosial, dan Budaya. Pemerintah dikatakanya juga harus memberikan hak atas tanah kepada masyarakat, bukan malah merebutnya.

“Contoh kasus penggusuran warga Darussalam Kelurahan Batujaya, Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang pada tanggal 3 Oktober 2018 lalu,” ucapnya saat orasi di depan Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Jumat (19/10/2019).

Ada terdapat 35 jiwa dari sepuluh kepala keluarga yang tinggal di belakang SDN 1 Batujaya kini terusir tanpa mendapat ganti rugi. Padahal warga sudah mengusai tanah tersebut sejak tahun 1959.

Selain itu juga, selama menempati tanah tersebut, warga sudah beritikad baik dengan selalu membayar PBB tiap tahunnya.
Kahfi menuturkan, Pemkot Tangerang dianggap telah melanggar Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 tentang pendaftaran tanah dan pasal 1963 KUHPerdata yang menyebutkan.

Dimana seseorang dengan itikad baik selama tiga puluh tahun memperoleh hak miliknya tanpa dipaksa yntuk menunjukan alas haknya.

“Pemkot Tangerang juga sampai saat ini tidak pernah menunjukan bukti-bukti kepemilikan atas tanah seperti yang diatur di dalam UU Nomor 1 Tahun 2014 tentang perbendaharaan Negara,” ucap Kahfi.

AMT Raya menuntut Pemkot Tangerang untuk bertanggung jawab atas penggusuran paksa warga kampung Darussalam, memberikan hak ekonomi, sosial dan budaya seperti membangun kembali rumah warga yang terdampak penggusuran. (ari)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...