Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

‘Penghilangan’ Jurnalis Khashoggi Dikritik, Arab Saudi Terbitkan 3 Perintah Kerajaan

0 27

RIYADH,PenaMerdeka – Kantor berita SPA melansir bahwa Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz, Jumat (19/1/2018) menerbitan tiga perintah kerajaan.

Sejumlah Negara dan aktivis dunia memang mengkritik atas hilangnya jurnalis Jamal Khashogghi yang tiba-tiba hilang setelah gencar melancarkan protes kepada pemerintah yang dipimpin Salman bin Abdulaziz.

Diketahui pemerintah Arab Saudi menerbitkan tiga keputusan salahg satunya mencopot Mayor Jenderal Ahmed bin Hassan bin Muhammad Assiri dari posisinya sebagai wakil kepala dinas intelijen.

Assiri bahkan menjadi kambing hitam atas kasus hilangnya Khashoggi karena protes dari sejumlah pihak.

Lantas perintah kedua adalah membebastugaskan Saud bin Abdullah al-Qatani dari jabatannya sebagai penasihat istana.

Sementara perintah ketiga adalah pemberhentian sejumlah pejabat tinggi di dinas intelijen Arab Saudi. Mereka yang dihentikan adalah asisten kepala dinas intelijen Mayjen Muhammad bin Saleh al-Rumaih dan asisten kepala dinas intelijen urusan SDM Mayjen Abdullah bin Khalifa al-Shayea.

Satu lagi yang diberhentikan adalah Direktur Jenderal Keamanan dan Perlindungan Dinas Intelijen Mayjen Rashad bin Hamed al-Mehmadi. Kemungkinan besar pemberhentian sejumlah perwira tinggi ini terkait dengan skandal tewasnya jurnalis Jamal Khashoggi.

“Kerajaan menyampaikan rasa penyesalan atas perkembangan buruk yang terjadi dan menekankan komitmen pemerintah untuk membeberkan fakta ke pubik dan menyeret mereka yang bertanggung jawab ke ranah hukum,” demikian pernyataan pemerintah seperti dipublikasikan SPA, Jumat (19/10/2018).

Selain memecat sejumlah jenderal, pemerintah Arab Saudi juga dikabarkan telah menangkap 18 orang yang terkait dengan insiden tersebut. (deden/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...