Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Ethiopia Lantik Ketua MA Wanita Pertama

0 15

ADDIS ABABA,PenaMerdeka – Meaza Ahenafi, Pengacara Hak Asasi Manusia dilantik sebagai ketua Mahkamah Agung (MA) wanita pertama Ethiopia oleh parlemen negara itu.

Pelantikan Ashenafi terjadi di tengah gelombang penunjukkan agar perempuan di posisi puncak pemerintahan.

Perdana Menteri Abiy Ahmed menominasi Meaza, kepala staf negara itu mengumumkan. Pemimpin Ethiopia sudah mendorong lebih banyak perwakilan perempuan di kabinetnya. Seperti Ketua MA wanita pertama itu.

“Dia membawa rekam jejak yang kompetensi dan pengalaman relevan untuk peran itu,” terang Fitsum Arega, pembantu Abiy, dalam akun Twittenya, Jumat (2/11/2018).

Kata Fitsum, bahwa posisinya mengisyaratkan langkah negara tetsebut menuju paritas gender dalam posisi kepemimpinan kunci.

Meaza sudah menjadi penasihat hak-hak gender dan perempuan di Komisi Ekonomi PBB untuk Afrika yang berbasis di Ibu Kota Ethiopia, Addis Ababa.

Ia mendirikan Asosiasi Pengacara Perempuan Ethiopia dan menjabat sebagai hakim Pengadilan Tinggi.

Penunjukan Meaza datang seminggu usai Ethiopia memilih Sahle-Work Zewde sebagai Presiden perempuan pertama, sebuah langkah yang dipuji sebagai menetapkan standar baru kepemimpinan perempuan di negara Afrika.

Perempuan itu membentuk setengah posisi menteri negara setelah perombakan kabinet oleh Abiy, yang memimpin pemerintahan dan juga kebijakan Ethiopia.

Abiy, kepala pemerintahan termuda Afrika pada usia 42 tahun, juga sudah memulai reformasi liberal sejak menjabat di bulan April.

Dia menghormati perjanjian yang mengakhiri perang perbatasan 20 tahun dengan tetangga Eritrea dan membebaskan wartawan, blogger dan tahanan politik yang dipenjara oleh pemerintahan sebelumnya. Namun, Ethiopia memilih Ketua MA wanita pertama. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...