Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Sempat Ditangguhkan, AS & Korsel Kembali Latihan Militer Gabungan

0 518

SEOUL,PenaMerdeka – Amerika Serikat (AS) kembali menggelar latihan militer gabungan dengan Korea Selatan (Korsel) setelah sempat ditangguhkan tanpa batas waktu pada Juni lalu.

Penangguhan tersebut setelah Presiden AS, Donald Trump bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Singapura.

Trump menangguhan latihan militer gabungan dengan Korsel yang dianggap sebagai pemborosan anggaran dan tindakan yang sangat provokatif.

Namun Senin (5/11/2018), kedua negara kembali menggelar bersama dalam skala kecil melalui program pertukaran angkatan laut Korea (KMEP) dengan melibatkan 500 marinir AS dan Korsel.

Kegiatan bersama skala kecil itu akan dilanjutkan selama dua pekan mulai hari Senin di Kota Pohang. Demikian yang disampaikan kementerian pertahanan Korea Selatan.

“Kami sebelumnya menyatakan bahwa kami akan menggelar itu dalam skala kecil seperti yang telah direncanakan,” terang Choi Hyun Soo, juru bicara kementerian.

Melansir dari AFP, Washington sudah menjadi sekutu keamanan Seoul dan menempatkan hingga dengan 28.500 pasukan di Korea Selatan.

Kedua negara mengungkapkan mereka telah rutin menggelar itu dan menyebutnya murni sebagai tindakan pertahanan. Namun, Korea Utara lebih melihatnya sebagai latihan untuk invasi bersama.

Usai pertemuan Trump dengan Kim, Seoul dan Washington menghentikan pelatihan rutin tahunan Ulchi Freedom Guardian bulan Agustus dan latihan angkatan udara Ace Aceil yang dijadwalkan bulan Desember mendatang.

Dilangsungkannya kembali latihan militer gabungan terjadi beberapa hari jelang rencana pertemuan antara Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dengan wakil Korea Utara membahas permasalahan mulai dari denuklirisasi sampai rencana pertemuan kedua Trump-Kim. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...