HGN ads Bekasi

Kapal Selam Disita di Pantai Spanyol Gara-gara Kedapatan Bawa Tiga Ton Kokain

0 232

MADRID,PenaMerdeka – Sebuah kapal selam disita di lepas pantai Spanyol pada akhir pekan lalu lantaran kedapatan membawa tiga ton kokain senilai USD110 juta.

Polisi Spanyol mencegat kapal selam 20m pada Sabtu (23/11/2019) di lepas pantai wilayah barat laut Galicia.

Mereka baru dapat menentukan jumlah obat-obatan terlarang di dalam setelah berhasil mengapungkan kembali kapal tersebut tiga hari kemudian dan menariknya ke pelabuhan terdekat.

“Mereka menemukan 152 bundel dengan tiga ton kokain,” kata polisi Spanyol dalam sebuah pernyataan melansir dari Channel News Asia, Rabu (27/11/2019).

Sementara pengedar narkoba, terutama dari Kolombia, telah ditangkap menggunakan kapal selam untuk mengangkut kokain ke Meksiko, dan dari sana ke Amerika Serikat.

“Ini adalah pertama kalinya sistem pengangkutan narkoba ini terdeteksi di Eropa,” kata pihak kepolisian.

Perwakilan dari pemerintah pusat di Galicia, Javier Losada de Azpiazu mengatakan, obat-obatan tersebut memiliki nilai jalanan USD110 juta.

“Ini adalah operasi bersejarah, yang akan menandai sebelum dan sesudah,” ujarnya.

Sebuah sumber yang dekat dengan penyelidikan sebelumnya mengatakan kepada AFP bahwa kapal selam itu berasal dari Amerika Selatan tetapi Losada de Azpiazu mengatakan polisi masih bekerja untuk menentukan asal usulnya.

“Sebanyak 240 agen keamanan ambil bagian dalam operasi itu, yang dilakukan bekerja sama dengan polisi dari Brasil, Portugal dan Amerika Serikat,” tambahnya.

Dua warga negara Ekuador ditahan ketika mereka berusaha melarikan diri dari kapal selam ketika polisi masuk. Semantara orang ketiga masih buron.

Pihak berwenang Spanyol mengatakan kapal selam buatan tangan ini memiliki kapasitas untuk mengangkut hingga lima ton kokain. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE