Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

H&M Gemparkan Netizen Soal Desain Kaus Kaki Mirip Lafadz “Allah”

0 131

STOCKHOLM,PenaMerdeka – Perusahaan raksasa pakaian asal Swedia, H&M, memicu kegemparan saat desain kaus kaki yang dipasarkan menampilkan Lego Jackhammer yang mirip dengan lafadz “Allah”. Perusahaan pakaian bergegas menarik berbagai produk kaos kaki itu dari toko-tokonya.

Kegemparan muncul setelah pelanggan mengeluhkan tentang produk kaus kaki anak-anak dengan desain kontroversial tersebut. Seperti yang diberitakan media Swedia, desain sosok Lego itu akan mirip lafadz “Allah” jika dilihat terbalik.

Melansir dari Dagens, pihak H&M menyatakan, pesan tersembunyi itu sepenuhnya kebetulan saja. Desain sebenarnya menggambarkan sosok Lego Jackhammer yang sedang melakukan perawatan jalan.

Kendati demikian, perusahan raksasa itu lebih memilih untuk menghapus produk dengan mempertimbangkan reaksi publik. Penarikan produk kaus kaki kontroversial tersebut mendapat respons publik di media sosial.

Insiden itu muncul beberapa minggu setelah mereka mendapat kecaman yang luas karena iklan sweater yang menampilkan anak kulit hitam dengan kata-kata yang dianggap menyuarakan rasisme. “Monyet paling keren di hutan,” bunyi tulisan itu di sweater dengan model anak kulit hitam yang diiklankan tersebut.

Masyarakat internasional, terutama pada wilayah Afrika, menyerukan pemboikotan produk busana perusahan raksasa Swedia tersebut sebagai protes terhadap iklan. Toko-toko H&M pada seluruh Afrika Selatan kemudian ditutup setelah menjadi sasaran pemrotes oleh warga setempat. (uki/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...