Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Pertama Kali, India Dirikan Rumah Sakit Khusus untuk Gajah

0 19

MATHURA,PenaMerdeka – Rumah sakit khusus untuk gajah secara resmi dibuka di Kota Mathura, India di lahan seluas 12.000 kaki persegi. Asha, seekor gajah yang berumur 49 tahun pertama kali mendapat perawatan di rumah sakit itu.

Asha meletakkan kaki pertama kalinnya depannya di bangku saat seorang dokter hendak melakukan pemeriksaan terhadap kakinya yang luka.

Selain untuk merawat gajah-gajah, para turis pun tertarik mengunjungi rumah sakit itu lantaran terdapat pemandangan yang sangat unik di sana.

Melansir dari Reuters, Fasilitas yang baru dibuka di negara bagian Uttar Pradesh itu mempunyai peralatan canggih, seperti sinar X, citra panas, ultrasonografi, penenang, dan tempat karantina.

Kehadiran fasilitas tersebut pun menjadi daya tarik masyarakat di India. Gajah memang sejak lama menjadi bagian penting dari budaya India.

Gajah sering tampil di festival serta berbagai acara di wilayah selatan India itu. Hewan itu digunakan sebagai daya tarik wisatawan di sejumlah bangunan benteng dan istana di wilayah utara dan barat India.

“Saya pikir dengan membangun rumah sakit, kita menekankan fakta bahwa gajah perlu kebijakan kesejahteraan seperti binatang lainnya,” terang Geeta Seshamani, co-founder Wildlife SOS yang turut mendukung berdirinya rumah sakit itu.

Meski gajah dianggap sebagai simbol budaya dan religius di India, binatang itu kerap mengalami perlakuan buruk oleh pawang yang tidak berpendidikan serta sering mati akibat tersengat listrik, diburu, tertabrak kereta, dan keracunan.

Populasi gajah turun sekitar 27.312 ekor pada 2017 dari 29.391-30.711 ekor pada 2012 sesuai data pemerintah.

Ratusan gajah di penjuru India mencakup lebih dari setengah populasi gajah Asia dimasukkan ke kerangkeng dan kait logam tajam sering digunakan untuk gajah mengikuti perintah sang pawang.

Rumah sakit itu terletak di tepi Sungai Yamuna dekat dengan pusat perawatan dan konservasi gajah yang dikelola Wildlife SOS dan kini menjadi tempat tinggal bagi 22 gajah. (uki)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...