Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Bongkar Kasus Mafia Skor Liga Indonesia, Polisi Tetapkan 3 Tersangka

0 215

JAKARTA,PenaMerdeka – Setelah melakukan gelar perkara, Tim Satuan Tugas Antimafia Bola yang dibentuk oleh Polri dan Polda Metro Jaya menetapkan tiga tersangka kasus mafia skor Liga 3 Indonesia.

Salah satu dari tiga tersangka itu ialah Johar Lin Eng pengurus aktif Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) pada Komite Eksekutif PSSI sekaligus Ketua Pengprov PSSI Jawa Tengah.

Sementara Satgas telah menetapkan Priyanto dan Anik. Anik merupakan anak kandung Priyanto. Sekarang ketiganya sudah diamankan polisi.
“Sudah (ketiganya) kami tangkap berarti sudah tersangka,” kata Ketua Tim Media Satgas Antimafia Bola Kombes Argo Yuwono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Kamis (27/12/2018).

Lalu Argo menyebutkan, Priyanto dan Anik diciduk jajaran kepolisian terlebih dahulu pada Senin (24/12/2018) lalu. Priyanto diringkus di Semarang, sedangkan Anik diciduk di Pati, Jawa Tengah.

“Setelah melakukan pengembangan kemudian kami temukan tersangka J (Johar) itu,” ujar Argo.

Johar sendiri ditangkap di Bandara Halim Perdanakusuma, Kamis (27/12/2018) siang. Johar ditangkap ketika ia baru saja mendarat dari Solo, Jawa Tengah.

Ketiga tersangka dinilai telah melakukan penipuan, penggelapan, dan suap sebagaimana diatur dalam KUHP Pasal 378, 372, dan 209. Argo menyebut, para tersangka terancam hukuman minimal lima tahun penjara.

Seperti diketahui kasus ini mencuat saat ada laporan seorang manajer klub sepak bola asal Jawa Tengah berinisial LI yang mengaku dimintai sejumlah uang oleh Priyanto dan Anik.

“Pertama, kegiatan sepak bola U-16 wanita, dia mengeluarkan biaya akomodasi Rp 400 juta. Kedua, (untuk) pemenangan sepak bola di tingkat provinsi, yang bersangkutan juga diminta Rp 125 juta agar dia bisa menjadi juara di tingkat provinsi,” ujar Argo, Sabtu (22/12/2018) lalu.

Kemudian, LI juga dimintai uang sebesar Rp 50 juta supaya klubnya yang berlaga di kompetisi Liga 3 dapat naik kasta ke Liga 2. Namun, klub yang dikelola LI nyatanya tidak berhasil lolos ke Liga 2. (deden/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...