Ads Helmi Halim

Forbes ACC-J2P Banten Gelar Diskusi Publik Soal Pentingnya Pancasila

0 290

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Forum Bersama Aksi Care Center Jokowi 2 Periode (Forbes ACC-J2P) Provinsi Banten menggelar deklarasi dan diskusi publik di Gedung Serba Guna RW06, Kelurahan Tajur, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang.

Acara yang mengusung tema ‘Membangun Peran Serta Masyarakat yang Handal Dalam Mensikapi, Gerakan Intoleran, Terorisme, Kejahatan IT dan Gangguan yang Merongrong Pancasila dan NKRI’ itu memberikan pemahaman kepada anggotanya soal pentingnya nilai-nilai Pancasila.

Irjen Pol Anton Charlyan, Dewan Pembina Forbes ACC-J2P Provinsi Banten mengatakan, saat ini nilai-nilai Pancasila penting untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Terlebih saat ini, pesatnya pembangunan baik nasional dan daerah perlu juga ditopang oleh pembangunan ideologi kebangsaan.

“Pembangunan ideologi kebangsaan penting, karena didalam lagu Indonesia Raya tercantum kalimat bangunlah jiwanya dan bangunlah badannya. Apalagi era politik ini banyak diisukan masalah ideologi, jadi kita tidak bertarung fisik tapi juga bertarung di ideologi,” terang Anton, Sabtu (5/1/2019).

Sebab kata pria yang pernah menjabat sebagai Kapolda Jawa Barat, sekarang ini banyak yang menjual agama untuk kepentingan tertentu. Hal itu yang seharusnya tidak dipakai untuk keperluan politik suatu golongan tertentu. Karena bisa berdampak kepada masyarakat.

“Maka itu kami memberikan materi penguatan ideologi terkait dengan NKRI ini harga mati dan tak bisa diganggu gugat, jadi tidak ada bentuk negara yang lain. Karena pendiri bangsa Indonesia sendiri sudah sepakat kalau bentuk negara ini adalah NKRI,” tegas Anton.

Anton juga menghimbau kepada pemerintah untuk gencar dalam hal pembangunan dan penguatan ideologi di masyarakat luas, terlebih dalam hal anggaran. Sebab,pembangunan fisik berupa infrastruktur tidak cukup dalam membangun Indonesia terutama didaerah.

“Melihat perkembangan situasi sekarang, melihat jiwa dan ideologi masyarakat kita yang rapuh, akan berdampak kepada bangsa dan negara ini,” pungkas Anton. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...