Bus AKAP Sering Ngetem, Jalan Jenderal Sudirman Kota Tangerang Jadi Macet

0 345

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Bus AKAP atau Antar Kota Antar Provinsi yang mengetem saat jam pulang kerja selalu mengakibatkan kemacetan yang panjang di Jalan Jenderal Sudirman dan Cikokol, Kota Tangerang.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang hingga kini masih belum mampu menertibkan agen bus yang berada di jalan Jendra Sudirman dan Cikokol, lantaran keterbatasan wewenang untuk melakukan penertiban.

Bambang Dewanto, Kabid Angkutan Umum Dishub Kota Tangerang mengatakan, pihaknya sudah beberapa kali memperingatkan kepada pemilik agen bus untuk tidak mengangkut atau menurunkan penumpang di pinggir jalan karena banyak warga yang komplain macet panjang.

“Untuk masalah agen tiket bus itu sudah kami peringati untuk tidak menaiki serta menurunkan penumpang di pinggir jalan. Apalagi di jalan Jendral Sudirman dan juga Cikokol memang sering terlihat bus milik agen itu terparkir di pinggir jalan,” terang Bambang, Selasa (8/1/2019).

Ia menjelaskan, pihaknya tak mempunyai wewenang untuk membongkar agen bus yang tidak mempunyai tempat parkir bus. Karena agen bus itu mendapatkan izin dari pihak kecamatan dan kelurahan dimana mereka mendirikan usahanya.

“Kita tak ada wewenang untuk pembongkaran, karena mereka punya izin dari kecamatan dan kelurahan. Kami hanya melakukan tindakan untuk masalah administrasi kelengkapan mobilnya, seperti KIR mati dan hal lainya jika tidak sesuai maka kami akan tahan mobilnya,” paparnya.

Bambang menambahkan, bus AKAP itu sudah dihimbau untuk masuk kedalam terminal Poris. Bahkan PO Bus tersebut juga sudah diberikan surat himbuan untuk memasukan mobilnya kedalam terminal dan bukan di pinggir jalan Jendral Sudirman.

“Memang harusnya mobil bus itu masuk kedalam terminal Poris agar tidak macet. Jika masih ada, maka segera akan berikan surat peringatan yang kedua. Karena pada 2018 lalu kami sudah berikan surat peringatan,” tutupnya. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...