Helmy Halim ads

Lagi, YAPELH Tuntut Pengawasan Pengelolaan Limbah di Menara Astra Jakarta

0 446

JAKARTA,PenaMerdeka – Yayasan Peduli Lingkungan Hidup (YAPELH) Indonesia menggelar aksi demonstrasi di depan Menara Astra, Jalan jenderal Sudirman, Kav 5-6, Jakarta Pusat.

Uyus Setia Bhakti, Direktur Eksekutif YAPELH mengatakan, aksi itu merupakan aksi lanjutan yang sebelumnya dilaksanakan di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Desember lalu.

“Aksi ini kedua kalinya kita lakukan, tuntutan kita minta agar ASTRA komitmen dan konsisten menjalankan visi yang katanya ramah lingkungan, faktanya ASTRA lemah supervisi pengawasan ke perusahaan penyuplai aki,” tegas Usyus, Selasa (8/1/2019).

Ia menjelaskan, lemahnya pengawasan seperti pengolahan limbah aki bekas yang tak sesuai peraturan yanh diduga dilakukan oleh PT. Indra Eramulti Logam Industei (IMLI).

Diketahui, PT. IMLI merupakan perusahaan penyuplai timah hitam PT. CBI, anak perusahaan dari PT. ASTRA OTOPARTS yang dinilai melanggar Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup serta Peraturan Pemerintah No 101 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (B3).

“Ini bukan aksi yang terkahir kita. Kita akan terus menggelae aksi lagi apabila PT ASTRA Tidak sungguh-sungguh dan menjalankan tuntutan kami,” papar Uyus.

Pihaknya juga meminta kepada Kementrian LHK segera menindak lanjuti surat pengaduan yang dilayangkan YAPELH, serta memberi sanksi tegas industri sudah mencencemarkan lingkungan penghasil limbah B3.

Pantauan di lapangan, meskipun hujan mengguyur, massa aksi tetap bertahan dan berakhir sekitar pukul 17:00 WIB untuk membubarkan diri dengan tertib. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Zulfikar turut berduka
Disarankan
Loading...